Notification

×

Iklan

Iklan

Wabup Pasaman Buka Launching PAUD HI

05 Oktober 2021 | 16.12 WIB Last Updated 2021-10-06T18:14:37Z


 

Pasaman -- Wakil Bupati Pasaman, Sabar AS menyebutkan bahwa, anak usia dini, usia 0 - 6 tahun merupakan periode yang penting untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangannya. Usia tersebut merupakan rentang waktu yang menjadi basis, landasan, dan fondasi bagi tahap perkembangannya.  


Secara khusus, usia 0-5 tahun merupakan masa-masa emas bagi anak karena perkembangan fisik dan otaknya sangat pesat. Dan hal yang paling penting dari pengalaman awal pada anak usia dini adalah pengasuhan,  perawatan secara sensitif menstimulasi otak yang sedang berkembang dengan memanfaatkan berbagai modalitas, disesuaikan dengan kemampuan individual anak. 


Hal itu disampaikan oleh Wakil Bupati Pasaman, Sabar AS pada saat membuka launching rencana aksi daerah 2021-2023 Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI) Kabupaten Pasaman. Kegiatan itu sekaligus dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Pasaman ke-76 tahun 2021, Selasa (5/10/2021) di Aula Lantai III Kantor Bupati Pasaman. 


Kegiatan lounching tersebut bertemakan "Dengan Pemenuhan Hak Anak Usia Dini Kita Wujudkan Masyarakat Pasaman yang lebih baik dan bermartabat".


"Program PAUD HI ini bertujuan dalam memenuhi kebutuhan esensial anak usia dini secara utuh, meliputi kesehatan dan gizi terlindungnya anak dari segala bentuk kekerasan terselenggaranya pelayanan anak usia dini secara integritas dan terwujudnya komitmen seluruh unsur terkait. Hal ini sesuai dengan peraturan Presiden Nomor 60 tahun 2013 yang mengamanatkan agar pemerintah kabupaten/kota menyelenggarakan PAUD HI," ucapnya. 


Katanya, penyelenggaraan program PAUD HI di daerah ini sudah tertuang dalam Rencana Aksi Daerah (RAD) tahun 2021-2023. "RAD ini disusun bersama oleh OPD yang memberikan layanan PAUD HI seperti, dinas pendidikan, kesehatan, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, dinas pengendalian penduduk dan pencatatan sipil, dan kantor Kemenag yang dikoordinir Bappeda,"terang Wabup Pasaman. 


Menurutnya, penyusunan RAD PAUD HI 2021-2023 adalah memastikan PAUD HI menjadi komitmen dari semua pemangku kepentingan pembangunan agar setiap anak usia dini khususnya di Pasaman dapat tumbuh dan berkembang secara optimal, sehat, cerdas, dan berakhlak mulia. 


Selanjutnya, memberikan kerangka rancang bangun kebijakan daerah yang peka terhadap kebutuhan esensial anak yang dapat dipahami dan dilaksanakan oleh semua elemen. 


"Penyusunan RAD PAUD HI ini juga memberikan arahan dalam pengembangan yang relevan dan terkordinasi antar lintas pemangku kepentingan yang fokus pada kebutuhan pembangunan anak nasional dan komitmen global. Serta terkait prioritas pembangunan yang menghasilkan daya ungkit terbesar dalam memastikan pemenuhan hak anak secara menyeluruh,"tuturnya. 


Saat ini kata Wabup, melalui surat keputusan Bupati Pasaman, telah dibentuk Tim Gugus Tugas PAUD HI yang bertugas menyelenggarakan program PAUD HI di daerah ini. Dan kini Perbup tersebut tengah dilakukan pembahasan, sebagi payung hukum pelaksanaan program PAUD di daerah ini. 


"Sebagai pelindung Tim Gugus adalah, Bupati dan Wakil Bupati serta Bunda PAUD Pasaman. Tim gugus tugas PAUD HI itu diketuai oleh Sekda dimana anggotanya kepala OPD yang terkait layanan Paud HI,  Organisasi  mitra Paud seperti TP PKK , HIMPAUDI, IGTKI, IGRA, POKJA Bunda PAUD, Perguruan Tinggi serta pemerhati PAUD lainnya," ujarnya. 


Ia juga menjelaskan, launching hari ini juga bertepatan dengan perayaan HUT Kabupaten Pasaman ke-76. "Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi momentum dan semangat serta tekad dalam mensukseskan penyelenggaraan program pengembangan anak usia dini holistik integratif (PAUD HI) di Pasaman, sehingga terwujudnya anak usia dini pasaman yang sehat, cerdas, ceria dan berakhlak mulia. Hal ini tentunya tidak terlepas dari peran dan kerja keras serta dukungan dari semua pihak mulai dari pemerintah, masyarakat, dan orangtua yang memiliki anak usia dini,"kata Sabar. 


Dikatakan Wabup, saat ini 100 lembaga PAUD  telah dilatih, untuk sekolah pelaksana program PAUD HI. "Kita berharap, beberapa tahun yang akan datang, semua lembaga PAUD di daerah ini melaksanakan PAUD HI ini,"tandasnya. 


Acara launching PAUD-HI itu ditandai dengan pemukulan gong oleh bunda PAUD Kabupaten Pasaman Ny. Susi Benny Utama. Pada kesempatan itu juga dilangsungkan pertunjukan seni pasambahan dan pembacaan Asmaul Husnah dari murid PAUD di daerah itu.  


Turut hadir Sekda Pasaman, Ketua GOW Pasaman, Ketua DWP, Kepala OPD dan Camat se-Kabupaten Pasaman. (Dim)

×
Kaba Nan Baru Update