Notification

×

Iklan

Iklan

Melalui "Anugerah Hafidz Qur'an", Baznas Padang Panjang Beri Reward kepada Penghafal Al-Qur'an

23 November 2021 | 13:42 WIB Last Updated 2021-11-23T06:47:01Z


Padang Panjang | Pasbana -- Baznas Kota Padang Panjang menggelar kegiatan  bertajuk Anugerah Hafidz Al-Quran tingkat sekolah dasar (SD), SMP, dan SMA se-Kota Padang Panjang, yang diselenggarakan di Masjid Islamic Center Kota Padang Panjang, Selasa (23/11). 

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Padang Panjang memberikan penghargaan berupa uang tunai kepada pelajar yang mampu melewati tes hafalan Al-Quran satu hingga lima juz, 

Anugerah Hafidz Al-Quran ini dibuka secara resmi oleh Walikota H. Fadly Amran, BBA, Datuak Paduko Malano serta dihadiri oleh OPD terkait, Kepala Kemenag Padang Panjang serta unsur Forkopimda lainnya, kegiatan yang merupakan program pertama Baznas ini diikuti oleh 255 anak Padang Panjang. Acaranya sendiri  berlangsung selama dua hari. 

Walikota Fadly Amran mengapresiasi serta meminta kegiatan yang bertujuan memotivasi anak-anak untuk mencintai Al-Qur'an ini dapat terlaksana secara rutin. 

" Saya mengapresiasi Baznas yang telah melaksanakan kegiatan ini. Saya berharap kegiatan ini dilakukan secara rutin," ujarnya.

Wako meminta kegiatan keagamaan seperti Anugerah Hafizh Al-Qur'an ini  terus berjalan dan terpusat di Masjid Islamic Center. 

" Paling tidak empat kali dalam setahun dengan peningkatan jumlah reward. Mudahan ini memotivasi dari usia dini. Kita persiapkan anak-anak kita  untuk menjadi para penghafal Al-Quran," katanya.

Dengan pelaksanaan program ini, Baznas juga diharapakan dapat bekerjasama dengan Bagian Kesejahteraan Rakyat Setdako melahirkan bibit pengahafal Alquran untuk MTQ nantinya. "Tidak hanya hafish tapi juga bagus dalam tilawahnya. Alhamdulillah Baznas telah menjadi bagian dari usaha ini," tuturnya.

Apresiasi juga turut disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Drs. H. Alizar, M.Ag. Menghafal Al-Qur'an, menurutnya membuat seseorang bisa menjadi cerdas.

"Ini kegiatan yang sangat mulia, menciptakan  generasi penghafal Al-Qur'an. Hampir semua penghafal Al-Qur'an merupakam anak-anak pintar dan berprestasi di sekolah. Sejumlah Perguruan tinggi bahkan memberikan kemudahan untuk lulus tanpa tes bagi penghafal Al-Qur'an," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Baznas Syamsuarni, S.Ag mengatakan, akan mengemban amanah terkait program pemberian reward para penghafal Al-Qur'an ini dengan baik. 

Ditambahkan Wakil Ketua Baznas Jasriman, S.Ag, ada empat kategori pemberian reward. 1 Jus, 2 Jus, 3 Jus, dan 5 Jus. " 1 Jus maksimal untuk anak kelas III SD.  2 Jus untuk  kelas IV-V SD, 3 Jus SMP, dan 5 Jus untuk SMA. Boleh naik tingkat misalnya  ada anak SD yang mampu menghafap hingga lima jus," jelasnya.

Adapun rewardnya, hafalan 1 Jus Rp. 350.000,-, 2 jus Rp.500.000,-, 3 jus Rp. 750.000,- dan 5 jus Rp.1.000.000,-. Yang terbaik di masing-masing kategori akan diberikan sertifikat oleh Walikota Fadly Amran, pada HUT Kota Padang Panjang  mendatang (rel/hr)