Notification

×

Iklan

Iklan

Menjelang "Kemerdekaan" Dalam Teater

02 November 2021 | 07.38 WIB Last Updated 2021-11-02T00:38:27Z
Suasana latihan teater di Gedung Teater Arena Mursal Esten, ISI Padang Panjang (dok. Kuflet) 



Pasbana.com --  Proses latihan telah berlangsung selama dua bulan untuk melakukan pertunjukan teater di Gedung Teater Arena Mursal Esten, ISI Padang Panjang pada tanggal 9 November 2021 mendatang. Sesuai rencana, pertunjukan tersebut dilaksanakan Komunitas Seni Kuflet Padang Panjang bekerja sama dengan Program Studi Seni Teater ISI Padang Panjang dalam rangkaian "Gelar Karya Budaya" yang ditaja Lembaga Bumi Kebudayaan.

Dr. Sulaiman Juned selalu Sutradara dalam pertunjukan teater ini, menyampaikan bahwa proses latihan dilakukan pada masa pandemi menjadi lebih sulit dibanding pada masa normal. 

" Banyak pembatasan dan hal-hal yang diluar dari dugaan dan pemikiran kita sebelumnya. Namun, pembatasan itu bukan menjadikan kita tertekan dan bukan menjadi momok terbesar. Semuanya kita selesaikan dengan cara yang matang dan baik, “ ungkapnya 

Dalam pementasan tersebut naskah yang diangkat dalam pertunjukan adalah  “Kemerdekaan” karya Wisran Hadi yang menurut Sang Sutradara Sulaiman Juned  telah berkali-kali dibawakan dalam pementasan, baik di Aceh, Padang, dan kota lainnya. 

"Naskah ini telah berkali-kali saya tampilkan dalam pementasan. Setiap pementasan dengan naskah yang sama tentunya menjadi tugas berat. Karena, akan menjadi berarti jika selaku sutradara mampu mencari gaya baru, wajah baru, dan rancangan yang terbaik, " jelas Sulaiman Juned yang saat ini juga menjabat Kepala Prodi Seni Teater ISI Padang Panjang. 


Dalam pementasan yang berjudul "Kemerdekaan" ialah merupakan  bagian dari produksi ke -35 bagi Komunitas Seni Kuflet. Salah satu hal yang memberikan kekuatan dalam pertunjukan ini ialah sebuah musik yang diramu oleh seorang doktor yang telah lama berjibaku dengan musik teater. 

"Tentunya musik teater yang saya buat kali ini akan menambah kekuatan, kedalaman, dan semoga menjadi ingatan dalam tiap pementasan berikutnya. Musik yang diramu ini telah disiapkan sebaik-baiknya dan pastinya keren," sebut Dharminta Soeryana.

Pementasan tersebut tentunya akan dinantikan oleh para penikmat Teater, dan beberapa pendukung Pimpinan Produksi Munawir, S.Sn, Stage Manager Ichsan Saputra, Publikasi/Dokumentasi Ubai Dillah Al Anshori, S.Pd., M.Sn dan Rizky Alfadly, S.Sn., M.Sn, Konsumsi Imam M. Al Aziz Z, Lestari Yuliana, Sutradara Sulaiman Juned, Asisten Sutradara Nela Febri Yasmi, Skenografi/ Dramatuq Soleha Hasanah Nasution, S.Sn,  Aktor Akram Hakim, Riska Lovani Akbar, Sukma Mutiarani Subekti, Opiyanda Riska, Aktor Pendukung Khairul Aldi Syahdana MZ, Ahmad Farhan, M. Wildan Nasution, Nurlaili, Fani Kafitri, Mursidiq, Nur Fauziatul Pisra, M Furqan Alfarizi, Soeryadarma Isman, Nela Febri Yasmi, Imam M. Al Aziz Z, Lestari Yuliana, Ichsan Saputra, Penata Musik Dr. Dharminta Soeryana, S.Sn., M.Sn, Penata Rias/ Busana Desi Susanti, S.Sn., M.Sn, Nela Febri Yasmi, Nur Fauziah Pisra, Nurlaili, Penata Cahaya Anggi Hamdi Saputra, Zulfikri, Video Mapping Rizky Alfadly, S.Sn., M.Sn. (*)
×
Kaba Nan Baru Update