Notification

×

Iklan

Iklan

Pilwana Berjalan Aman dan Lancar, Bupati, Wabup serta Forkopimda Tanah Datar Kunjungi TPS

16 Desember 2021 | 21.58 WIB Last Updated 2021-12-18T17:26:51Z





Tanah Datar  -- Hari ini Kamis (16/12) Pemilihan Wali Nagari (Pilwana) Kabupaten Tanah Datar digelar secara serentak di 21 Nagari di 11 Kecamatan dari 14 kecamatan di Tanah Datar, dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 76.289 orang. Pilwana kali ini tiga kecamatan tidak ikut karena masa jabatan masing-masing wali nagari berakhir nanti 2026 mendatang.


Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM, didampingi Ketua DPRD Tanah Datar Roni Mulyadi Dt. Bungsu, Kapolres Padang Panjang AKBP. Novianto Taryono. S.H.S.I.K. M.H meninjau beberapa TPS di Kecamatan X Koto dan Kecamatan Batipuh.


Tahun 2021 ini dari 14 Kecamatan di Tanah Datar ada 54 nagari yang tidak ikut bertarung dalam pemilihan pimpinan tertinggi di nagari itu dari 75 nagari yang ada di Tanah Datar.



Bupati Tanah Datar Eka Putra di TPS 07 dan 08 SDN 19 Batipuah Baruah Kecamatan Batipuah saat meninjau langsung proses pemungutan suara tersebut menghimbau masyarakat untuk menggunakan hak pilih masing, karena ini akan menentukan keberlanjutan pembangunan di masing-masing nagari kedepannya.


“Saat ini sedang berlangsung proses pemilihan di 232 TPS yang tersebar di Tanah Datar dengan 93 calon wana yang ikut berkompetisi, dari itu mari kita dukung bersama, datang ke TPS, gunakan hak pilih namun jangan lupa tetap dengan protokol kesehatan, karena pandemi covid-19 masih belum usai,”ujarnya.


Pada kesempatan itu Bupati Eka Putra juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh petugas TPS, personil pengamanan baik dari jajaran kepolisian (polsek) maupun kodim (koramil) yang telah bekerja keras mulai dari pengamanan logistik di hari pemungutan hingga penghitungan suara.




Kepada masyarakat Bupati juga menghimbau untuk selalu menjaga kekompakan dan mendukung program pemda sehingga kemajuan Tanah Datar lebih baik kedepan dapat dicapai. 


Sementara itu di tempat terpisah, Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian bersama Forkopimda secara virtual melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Pemantauan Pemilihan Kepala Desa/Wali Nagari Serentak dengan Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia, di Indojolito Batusangkar. 


Di kesempatan itu Wabup Richi Aprian menyampaikan kepada pimpinan Rakor Direktur Penataan dan Administrasi Pemerintahan Desa Kemendagri RI, Aferi S. Fuadil, Tanah Datar hari ini melaksanakan Pemilihan Wali Nagari Serentak untuk 21 Nagari yang tersebar di 11 Kecamatan. 



"Pada pergelaran Pilwana Serentak tahun 2021 ini ada 76.292 Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk salurkan hak suaranya, hari ini menentukan 21 Wali Nagari terpilih dari 93 Calon Wali Nagari di 232 TPS," kata Richi. 


Untuk pelaksanaan proses Pilwana, tambah Richi, di setiap TPS dilakukan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19 yang ketat. 


"Sesuai aturan dan untuk menghindari terjadi kembali kluster Covid-19, Prokes ketat dilaksanakan, salah satu caranya dengan menerapkan jadwal pemilih untuk hindari kerumunan," tukas Richi. 


Sementara itu Kapolres Tanah Datar AKBP. Rokhmad Hari Purnomo menyampaikan, Polres Tanah Datar mendukung kesuksesan Pilwana Serentak. 



"Polres Tanah Datar menurunkan 1 orang personil setiap TPS, dan di TPS yang diperkirakan rawan, kita menurunkan personil tambahan, dan kita sudah siap siaga 1 pleton pasukan, sekiranya terjadi hal yang tidak di inginkan," katanya. 


Di kesempatan itu Aferi S. Fuadil menyampaikan, pelaksanaan Rakor untuk mengetahui bagaimana persiapan Kabupaten Tanah Datar dalam menyambut Pilwana Serentak.


"Dalam Rakor ini kita melihat sejauh mana persiapan dan kesiapan Tanah Datar melaksanakan Pilwana terutama dalam keadaan masih pandemi Covid-19," katanya.


Selepas Rakor, Wabup bersama rombongan meninjau beberapa TPS secara langsung, seperti TPS 8 di Sungayang, TPS 4 Simpuruik, TPS 10 Tiga Batur Kecamatan Sungai Tarab, TPS 6 dan TPS 7 Lawang Mandahiling Kecamatan Salimpaung. (Pt)

×
Kaba Nan Baru Update