Notification

×

Iklan

Iklan

KBM Parmato Alam Gelar Iven Gebu Minangkabau 2021

06 Desember 2021 | 19.50 WIB Last Updated 2021-12-06T12:50:51Z

Kota Pariaman | pasbana — Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin membuka acara Gelanggang Budaya Minangkabau (Gebu Minangkabau) yang digelar Komunitas Budaya Masyarakat (KBM) Parmato Alam Kota Pariaman di Pentas Seni Pantai Kata Pariaman, Senin (6/12).

Rangkaian acara lomba iven Gebu Minangkabau ini telah dimulai dari tanggal 5 November 2021 lalu hingga berakhir tanggal 12 Desember 2021 mendatang. Kegiatan ini memperlombakan Virtual Indang Pariaman (VIP) untuk tingkat sekolah dasar (SD) dan Batandiang Lagu Minang (Balamin) tingkat Umum se-Sumatera Barat.

Wakil Walikota Pariaman dalam sambutannya menyampaikan, dewasa ini generasi muda kita sudah lupa akan seni tradisi daerahnya sendiri. Diharapkan dengan kegiatan semacam ini dapat menumbuhkan kembali kesadaran generasi muda akan kekayaan seni dan budaya tradisi yang dimiliki Kota Pariaman.

Mardison mengatakan, atas nama Pemerintah Kota Pariaman, kami sampaikan ucapan terima kasih pada Komunitas Budaya Masyarakat Parmato Minangkabau yang telah mengangkat iven ini. Ini sejalan dengan dengan visi Pembangunan daerah yang tertuang dalam RPJMD Kota Pariaman periode 2018-2023, yaitu Pariaman Kota Wisata, Perdagangan, Jasa yang Religius dan Berbudaya.


“Karena sumber daya daerah adalah budaya daerah yang merupakan produk dan nilai tradisi daerah yang pasti dimiliki setiap suku bangsa di Indonesia. Kota Pariaman memiliki seni budaya yang unik dan khas dimana dapat menjadi atraksi wisata yang menarik bagi pariwisata Kota Pariaman, seperti seni pencak silat, maleo pukek, gendang tasa, indang dan banyak lagi lainnya ,” kata dia.

Mardison menyebutkan, kami melihat antusiasme yang tinggi dari masyarakat dalam memeriahkan iven yang digagas oleh seniman-seniman Kota Pariaman ini melalui Gebu Minangkabau ini. Kita berharap melalui kegiatan ini akan mampu melestarikan budaya Piaman di tengah perkembangan zaman, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Pariaman itu sendiri.

Turut hadir, Asisten II Walikota, Elfis Candra, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman, Dwi Marhen Yono, dan Ketua GOW Kota Pariaman, Indrianti Mardison, Ketua Umum KBM Parmato Alam. (Rel/bd) 
×
Kaba Nan Baru Update