Notification

×

Iklan

Iklan

Reses Dipenghujung Tahun, Riza Aditya Nugraha Mengusung UMKM sebagai Skala Prioritas

11 Desember 2021 | 18.46 WIB Last Updated 2021-12-11T11:46:45Z


Padang Panjang | pasbana -- Sekretaris Komisi II DPRD kota Padang Panjang dari Partai Gerindra, Riza Aditya Nugraha, SH melakukan reses di Area 55 Camp and Paint Ball, Sabtu (11/12/2021). 

Kegiatan yang dihadiri kurang lebih 100 orang  simpatisan dan konstituen ini dimulai jam 14.00 WIB dengan mengusung pembahasan utama tentang UMKM yang ada di Kota Padang Panjang.

“ UMKM merupakan pilar penting dalam perekonomian masyarakat. Kontribusi UMKM Padangpanjang sebetulnya sangat mempengaruhi penurunan angka pengangguran serta peningkatan perekonomian masyarakat, hanya saja dengan adanya pandemi covid19 membuat UMKM tidak bergerak sebagai mestinya. Sehingga ini menjadi masalah serius yang saat ini kami usahakan mencarikan solusinya, " ungkap Aditya.

Lanjutnya, untuk menjawab permasalahan tersebut, Pemerintah telah menjalankan sejumlah program dukungan UMKM, diantaranya bantuan insentif dan pembiayaan melalui program PEN, Kredit Usaha Rakyat, Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI), Digitalisasi pemasaran UMKM.


" Sudah ada program-program tersebut tetapi masih kurang untuk mendukung tumbuhnya UMKM masyarakat kita di Padang Panjang ini" lanjutnya.

Dalam paparannya menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang permasalahan ekonomi dan UMKM, Riza Aditya menyampaikan saat ini melalui komunikasi intens, pihaknya telah mendapatkan bantuan untuk TKM(Tenaga Kerja Mandiri) yang merupakan program DPR-RI  Pusat.

"Saat ini kami telah mendapatkan program kegiayan TKM (Tenaga Kerja Mandiri)  melalui komunikasi dengan Bapak dr. Suir Syam, M.Kes, MMR selaku anggota DPR RI, untuk bantuan UMKM masyarakat dengan program TKM Ketenagakerjaan. Sudah ada 10 TKM yang mendapatkan kesempatan untuk dibantu modal usahanya. Saat ini sedang kita menunggu pencairan nyasaja. Semoga semua TKM yang memoeroleh bantuan modal usaha dapat membantu pemulihan ekonomi pasca pandemi ," imbuhnya.

Tak berhenti disitu, Riza Aditya juga menyampaikan bahwa semua lini mesti bekerjasama dalam pengembangan UMKM yang ada di Padang Panjang ini.

"Contohnya anak - anak muda kita membuat sebuah aplikasi untuk menjajakan dagangan UMKM. Nanti ibu-ibu yang memiliki usaha tinggal memasukan ke aplikasi tersebut yang nantinya dilihat oleh masyarakat luas. Jika kemasannya menarik tentu saja masyarakat akan tertarik," katanya.

Riza menambahkan anak-anak muda Padang Panjang harus semakin kreatif dan inovatif dalam membuka peluang usaha ekonomi kreatif maupun pariwisata minat khusus agar UMKM Padang Panjang  memilik ruang yang besar untuk pemasaran produk-produknya.

Acara berlangsung selama dua jam dan diakhiri dengan foto-foto dan makan bersama. (JED) 
×
Kaba Nan Baru Update