Notification

×

Iklan

Iklan

SMK Menghafal Al Qur'an

04 Desember 2021 | 16.35 WIB Last Updated 2021-12-04T09:35:39Z


Oleh: Irsyad Syafar


Pergi ke Tanjung Pati membeli katun
Baju kebaya tolong carikan
Niat di hati hendak berpantun
Apa daya belum disiapkan

Ini bika bukan sembarang bika
Bika bercampur dengan ketan
Ini Esemka bukan sembarang Esemka
Esemka unggul menghafal Al Quran

Meminta rezeki kepada Yang Kuasa
Seringlah berdoa banyakkan amalan
Esemka 1 Suliki memang luar biasa
Siswa-siswinya menghafal Al Quran

*****

Pasbana | Untuk Kabar Sumbar -- Pagi ini saya membuka secara resmi acara lomba tahfizh Al Quran di SMKN 1 Suliki. Kegiatan ini bagian dari program pendidikan Karakter di SLTA, dalam bentuk pembinaan bakat dan minat.


SMKN 1 Suliki adalah satu-satunya SMKN di Sumbar yang menyelenggarakan kegiatan tahfizh ini. SMKN di sumbar berjumlah lebih dari 100 buah sekolah. Kita mensuppornya dalam APBD Sumbar tahun 2021 ini, setelah diusulkan setahun yang lalu.



Saya mengapresiasi Kepala SMKN 1 Suliki, Bapak Andi Dahman dan seluruh guru yang dengan penuh sabar membimbing anak-anak SMK untuk menghafal Al Quran. Mulai dari yang bacaannya belepotan, terbata-bata, sampai mampu menghafal surat-surat pendek.


Harus diakui, SMK tidaklah identik dengan menghafal Al Quran. Malah kadang sebaliknya, identik dengan hal-hal yang kurang positif. Namun dengan izin Allah Swt, selama lebih kurang 3 pekan 40 siswa SMKN 1 Suliki "dikarantina" untuk mengikuti tahsin dan belajar membaca Al Quran.


Dan subhaanallah, ternyata anak-anak SMK ini bisa. Walaupun tidak hafal juz 30 (apalagi 30 juz) ternyata mereka berhasil menghafal surat-surat pendek. Dan puncaknya hari ini mereka diperlombakan, agar hafalannya semakin kuat dan ada nilai kompetisinya.


Berapapun hasil hafalan mereka, tetapi mereka telah "tersibukkan" dengan kebaikan dan bahkan kemuliaan. Sebab Al Quran itu adalah Kalam Allah yang mulia. Dan barang siapa disibukkan dengannya, niscaya ia akan ikut mendapat kemuliaan. Waffaqanallah waiyyaakum... 
×
Kaba Nan Baru Update