Notification

×

Iklan

Iklan

Gubernur Hadiri Panen Ayam Potong di Nagari Tageh - Padang Air Dingin

01 Januari 2022 | 19.33 WIB Last Updated 2022-01-02T05:34:27Z


Solok Selatan | pasbana -- Panen perdana ayam potong (broiler) di Nagari Tageh Padang Air Dingin, Kecamatan Sangir Jujuan, terasa sangat istimewa karena dihadiri langsung oleh Gubernur Sumatera Barat, Buya Mahyeldi, Sabtu (1/1/2022).

 

Kehadiran gubernur dihari pertama tahun baru tersebut dalam rangka mengikuti sejumlah agenda di Kabupaten Solok Selatan.

 

Gubernur mengapresiasi panen perdana tersebut. Menurutnya, selain untuk mengatasi pandemi covid-19, keberadaan nagari tageh memiliki peran penting terhadap pemulihan ekonomi masyarakat.

 

"Hal ini sejalan dengan program Pemprov Sumbar membangun desa dan mengoptimalkan potensinya. Oleh sebab itu, sinergi semua pihak sangat diperlukan. Sehingga tujuan hadirnya Nagari Tageh dapat tercapai," ungkap gubernur.

 

Sebelumnya, gubernur juga menyinggung rencana pembangunan, diantaranya pengembangan untuk jalan tembus Solsel - Dharmasraya melalui Sungai Kunyit, yang anggarannya sudah dialokasikan pada tahun ini sebesar Rp11 Milyar.

 

Sekaligus juga akan dibangun jalan propinsi di Bukit Manggiu yang sempit dan berada di pinggir jurang, segera akan dibangun pemprov.

 

"Tahun ini kita melanjutkan pembangunan jalan dari Solok Selatan ke Darmasraya dengan anggaran APBD sebesar Rp 11 Milyar. Akan kita pacu pembangunannya, sehingga nanti Solok Selatan akan menjadi daerah transit dan perlintasan sejumlah daerah tetangga," kata gubernur.

 

Bupati Solok Selatan, Khairunnas didampingi Wakil Bupati, Ketua DPRD Solok Selatan, dan jajaran OPD terkait  mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Sumatera Barat beserta rombongan yang telah datang kembali ke Solok Selatan.

 

Khairunnas menjelaskan, di Solsel terdapat sembilan Nagari Tageh yang masing-masingnya memiliki program yang bertujuan untuk perbaikan ekonomi masyarakat, salah satunya usaha ayam potong (broiler) ini.

 

"Kami juga meminta kepada Universitas Andalas selaku pihak penggagas dan pengawas program Nagari Tageh untuk dapat mengeksplorasi potensi-potensi lainnya di nagari tersebut sebagai sumber ekonomi baru bagi masyarakat," kata Bupati.(rel/nal) 

×
Berita Terbaru Update