Notification

×

Iklan

Iklan

Wako Riza Harapkan Loka POM Buka Kantor di Payakumbuh

20 Februari 2022 | 22.43 WIB Last Updated 2022-02-20T15:43:44Z


Payakumbuh | pasbana Dikarenakan di Payakumbuh sudah banyak pabrik makanan olahan seperti di Kecamatan Payakumbuh Barat, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi mengharapkan Loka Pengawas Obat dan Makanan (POM) membuka kantor di Payakumbuh.


Pemko Payakumbuh terangnya sudah menyediakan tanah seluas sekitar setengah hektare untuk Loka POM membuka kantor baru.Dan pihaknya menganggap perlu ada Loka POM ini di daerah tersebut. 


Dengan adanya Loka POM di Payakumbuh ungkapnya, supaya terjamin kualitas semua produk ini secara hukum dan legal, dapat dipertanggung jawabkan, produk terakreditasi dengan baik dengan sertifikasi yang telah ada.


“Untuk itu pihak kementerian dan dinas terkait sudah kita koodinasikan juga,” ujar Riza saat menghadiri pembukaan Payakumbuh Mufash & Exhibitions di Balai Kota Payakumbuh, Sabtu (19/2/2022).


Riza menambahkan, bahwa pelaku UMKM di daerah itu banyak yang pangsa pasarnya di luar Kota Payakumbuh.


Seperti industri makanan ringan terangnya, pemasarannya sampai ke Jambi, Sumatra Utara, Batam, dan Riau.


Riza mengapresiasi digelarnya Payakumbuh Mufash & Exhibitions. Ia berharap acara pameran ini bisa dilaksanakan ke depannya dengan konsep seperti ini, karena ini mendorong perekonomian.


“Saya rasa setelah pandemi berakhir, kita perlu fokus kepada acara seperti ini,” beber Riza.


Ia menjelaskan, pelaku UMKM di Kota Payakumbuh sangat ramai dan persaingan yang cukup sehat membuat mereka berinovasi memanfaatkan pemasaran online.


Bahkan terangnya, sebagian UMKM yang ditemuinya, memiliki omset yang besar meski tokonya kecil.


“Meski skalanya belum mencapai level besar, tapi kemajuan sudah ada. Buktinya pertumbuhan ekonomi di kota ini lebih baik. Tanda-tandanya bisa kita lihat pada saat malam hari area kuliner kota ini ramai,” tuturnya.


Kepala Perwakilan BI Sumbar Wahyu Purnama mengatakan, kegiatan Payakumbuh Mufash & Exhibitions ini sebenarnya sudah direncanakan sejak awal 2020. Namun baru sekarang kesampaian dilaksanakan.


“Peran BI kami memberi dorongan untuk pertumbuhan ekonomi daerah, di samping peran utama kami menjaga stabilitas ekonomi dan peran dalam sistem pembayaran. Kegiatan ini kami dukung untuk mendorong Pemda memajukan UKM dan ekonomi daerah,” ujar Wahyu.


Dalam kegiatan ini, menghadirkan pameran produk UMKM binaan BI dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Payakumbuh. (Rel) 


×
Kaba Nan Baru Update