Notification

×

Iklan

Iklan

Jalur ke Simpang Timbo Abu - Pasaman Barat Longsor, Akses Putus Total

05 Maret 2022 | 14.29 WIB Last Updated 2022-03-05T07:32:02Z


Pasaman Barat, pasbana.com - Akses jalan di kawasan Polong Anam, Talu, Pasaman Barat, tertutup oleh longsoran material tanah dari perbukitan di kawasan tersebut, Sabtu (5/3) sekitar pukul 10.15 WIB.

Akses jalan ini merupakan jalur ke Simpang Timbo Abu. Kondisi jalan tertutup total oleh material tanah campur batu dan diperkirakan panjangnya sekitar 15 meter. Dan longsoran juga menimpa tiang listrik.  

Elfiyon, relawan dari Lazis Mitra Ummat Madani yang berada di Kampung Halaban, Jorong Merdeka Kenagarian Talu menyampaikan bahwa masih ada pergerakan longsoran tanah di bagian atas bukit. 

" Dihimbau kepada masyarakat untuk tidak mendekati  lokasi ini karena masih terdapat  tanda tanda pergerakan tanah di bagian atas, " ungkap Elfiyon. 

Ia berharap agar dapat segera dilakukan penanganan pembersihan longsoran, mengingat ada masyarakat di Simpang Timbo Abu berada di tenda pengungsian dan butuh bantuan juga. 

Sementara itu, Kapolsek Talamau, AKP Junaidi mengatakan longsor ini menutup badan jalan sepanjang 15 meter. Akibatnya, akses jalan terputus.


“Akses transportasi putus total menuju Jembatan Panjang Nagari Kajai,” katanya, dikutip dari klikpositif


Junaidi menyampaikan pihaknya belum bisa melakukan penanganan langsung mengingat material longsoran  masih ada berjatuhan dari bukit ke jalan.


“Kami tak berani mendekati lokasi, tadi waktu kami cek lapangan terdengar bunyi dari atas bukit seperti ada material yang akan turun,” sebut dia.


Bahkan, kata dia, saat pihaknya memantau ke lokasi tampak ada bagian bukit yang retak.Kondisi ini dikhawatirkan bisa menimbulkan longsor yang lebih besar.


Sementara itu terkait penanganan, pihaknya sudah menghubungi pihak terkait untuk membersihkan timbunan longsoran.


Sebab saat ini, kawasan itu terbilang terisolir karena diperburuk dengan adanya longsor tersebut.Ia pun sudah meminta pemerintah untuk mengondisikan alat berat untuk membuka akses jalan.


“Tapi alat itu sekarang sedang membersihkan material di jalan lintas Rimbo Kajahatan Kajai,” terangnya.


Jika material tidak segera dibersihkan, menurut dia akses warga pengungsian di kawasan Timbo Abu akan terhambat.


“Jadi tolong pikirkan juga nasib warga di tenda pengungsian Nagari Persiapan Timbo Abu,” tegasnya.(bd/*) 

×
Kaba Nan Baru Update