Notification

×

Iklan

Iklan

Peringati HJK Solok Ke 109, Nagari Muaro Paneh Gelar Festival Kesenian Manyongsong Alek Gadang Tahun 2022

20 Maret 2022 | 07.02 WIB Last Updated 2022-03-21T04:04:34Z


Solok, pasbana.com
- Festival Kesenian Manyongsong Alek Gadang yang Ketiga di Nagari Muara Panas Kecamatan Bukit Sundi, dalam rangka peringatan Hari Jadi Kabupaten Solok yang ke-109, secara resmi dibuka oleh Bupati Solok Capt. H. Epyardi Asda Dt. Sultan Majo Lelo, M.Mar pada Sabtu (19/03/22).

Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Solok Edi Satria menyampaikan kegiatan ini berkat kerjasama dengan Parik Paga dalam Nagari dan Kerapatan Adat Nagari Muara Panas. 


Festival sebelumnya dilaksanakan pada tahun 2019 dan 2020, dan ini adalah kali ketiga kita mengadakan Festival Kesenian di Kabupaten Solok. untuk acara ini mendapatkan bantuan dana dari Parik Paga dalam Nagari dan Kerapatan Adat Nagari sebanyak 25 juta rupiah.


“ Kepada Parik Paga dalam Nagari dan Kerapatan Adat Nagari Muara Panas kami berterima kasih atas banyak bantuan yang diberikan demi mensukseskan kegiatan kita ini, ” ungkapnya. 


Angku Datuak Selaku Ketua KAN Nagari Muara Panas dari KAN Muara Panas mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati Solok, walaupun dengan kesibukan yang begitu banyak namun tetap beliau sempat hadir di acara festival seni tersebut. 


" Acara ini bertujuan ingin menuntun generasi muda di nagari Muara Panas untuk bisa mengembangkan hal-hal positif dalam hal seni agar terhindar dari pengaruh negatif kenakalan remaja dan pergaulan bebas," jelasnya.


Sementara itu dalam sambutannya Bupati Solok mengucapkan bangga dan bahagia melihat antusiasme masyarakat kepada Kesenian dan selanjutnya akan lebih memperhatikan pembangunan untuk masyarakat Nagari di seluruh Kabupaten Solok. 


" Sesuai dengan visi dan misi saya "Mambangkik Batang Tarandam menjadikan kabupaten Solok terbaik di Sumatera Barat" dengan prinsip "anggaran berbasis kebutuhan rakyat" maka setiap program yang berjalan adalah apa yang telah diusulkan oleh masyarakat, " jelas Epyardi. 


Pada anggaran tahun 2022, dalam Rakorbang kita telah memberikan anggaran sebanyak 154 milyar untuk pembangunan Nagari yang ada di Kabupaten Solok ini. Pada tahun ini untuk Nagari Muara Panas kita telah menganggarkan sebanyak 6 milyar 575 juta semuanya akan digunakan untuk pembangunan yang ditentukan oleh masyarakat. 


" Untuk dewan Kesenian Kabupaten Solok nantinya akan kita tata lagi bersama, kita berkumpul para tokoh-tokoh pelaku seni dan kita rembukan bersama kepengurusan Dewan Kesenian yang nantinya dapat bertanggung jawab untuk memajukan Kesenian di Kabupaten Solok ini , " harap Bupati Solok, Epyardi Asda. 


Festival dibuka secara resmi dengan pemukulan gendang oleh Bupati Solok bersama pimpinan pemerintahan sebagai simbol pembukaan acara Festival Kesenian kemudian dilanjutkan dengan Penampilan Kesenian dan Foto Bersama.


Ikut hadir dalam acara tersebut Ketua TP-PKK Kabupaten Solok Ny. H. Emiko Epyardi Asda, SP, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Solok Ivoni Munir , Anggota DPRD Kabupaten Solok, Asisten II Drs. Syahrial, MM, Kepala OPD Kabupaten Solok, Camat Bukit Sundi Drs. H. N. Effyardi, Forkompimcam, Walinagari Se-Kecamatan Bukit Sundi, Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Solok Edi Satria, S.Sn, M.Sn, Ketua KAN Muara Panas Angku Datuak Elson Dt. Rajo Gumiang, Niniak Mamak Bundo Kanduang Parik Paga dalam Nagari Muara Panas, Masyarakat Nagari Muara Panas. (Rel/bd) 



×
Kaba Nan Baru Update