Notification

×

Iklan

Iklan

Berikut Tips bagi Ibu Hamil yang Menjalani Puasa Ramadhan

02 April 2022 | 11.35 WIB Last Updated 2022-04-02T04:35:58Z


Pasbana.com -- Dalam kondisi tubuh yang prima, Ibu hamil masih diijinkan untuk menjalankan ibadah puasa Ramadhan. 


Penelitian dari Singapore Med Journal pada tahun 2004 menunjukkan bahwa 74 persen dari 182 ibu hamil yang menjadi responden berhasil berpuasa selama kurang lebih 20 hari pada bulan Ramadhan. Keberhasilan tersebut bisa tercapai berkat dukungan dari suami, keluarga, serta keyakinan dalam diri sendiri.


Selain dukungan dari orang sekitar, Anda juga perlu mempertimbangkan hal lain saat ingin berpuasa dalam kondisi hamil. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan bernutrisi. 


Mengutip dari Tommy’s, berikut ini makanan yang perlu dikonsumsi ibu hamil agar kuat puasa.


1. Makanan Kaya Vitamin dan Nutrisi

Saat sahur dan berbuka, ibu hamil disarankan untuk memperbanyak konsumsi makanan kaya vitamin dan mineral, terutama makanan yang mengandung zat besi dan kalsium.

Zat besi berfungsi untuk membentuk sel darah merah untuk membawa oksigen dan nutrisi ke janin. Sementara itu, kalsium bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan jantung, saraf, dan otot janin. Makanan yang mengandung zat besi dan kalsium bisa didapatkan dari sayuran hijau dan kacang-kacangan.

2. Makanan Karbohidrat Lepas Lambat

Makanan karbohidrat lepas lambat (slow-release carbs) adalah makanan yang memiliki indeks glikemik (GI) rendah dan memberikan pelepasan energi lebih lambat dan berkelanjutan. Menurut American Diabetes Association (ADA), makanan dengan GI rendah memiliki skor di bawah 55.

Jenis makanan tersebut dapat membantu seseorang untuk mempertahankan kadar glukosa dalam darah dan mempertahankan tingkat energi.

Beberapa di antaranya yang dapat dikonsumsi ibu hamil agar kuat puasa yaitu pasta gandum, sereal oat, kacang-kacangan, dan roti gandum.


3. Makanan Kaya Protein

Makanan kaya protein bermanfaat untuk membantu perkembangan jaringan tubuh janin, terutama otak. Untuk itu, ibu hamil perlu menambahkan makanan yang mengandung protein tinggi ke dalam menu sahur dan berbuka. Beberapa di antaranya yaitu daging, telur, dan kacang-kacangan.

4. Makanan Tinggi Serat

Untuk menghindari sembelit saat puasa, penting bagi ibu hamil untuk mengonsumsi makanan berserat tinggi, seperti buah-buahan, sayur, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Makanan tersebut bisa dikonsumsi sebelum atau setelah berbuka puasa sebagai makanan penutup.

Selamat berpuasa Ramadhan..! 

(Rilis) 
×
Kaba Nan Baru Update