Notification

×

Iklan

Iklan

H-7 Jelang Lebaran, Pintu Kedatangan BIM Alami Lonjakan Penumpang

26 April 2022 | 05.12 WIB Last Updated 2022-04-26T00:14:33Z


Padang, pasbana - Arus mudik menuju Sumatera Barat, di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) pada H-7 jelang lebaran atau Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah, mengalami peningkatan atau terjadi lonjakan penumpang.


"Peningkatan pada H-7 ini terjadi hingga 50 persen, dibanding hari biasanya hanya 30 persen peningkatan," ungkap Executive General Manager AP II KC BIM Siswanto dikutip dari infopublik, Senin (25/4/2022).


Berdasarkan pantauan di pada H-7 lebaran di BIM, terlihat penumpang domestik mulai berdatangan meski belum terbilang ramai.


Untuk mengatasi lonjakan tersebut, pihaknya melakukan perpanjangan jam operasional sekitar satu jam dari biasanya.


"Perpanjangan jam operasional ini untuk antisipasi jika ada penerbangan yang datangnya delay. Selain itu, kami juga stand by menunggu kedatangan pesawat yang delay tersebut," kata dia.


Pada kesempatan yang sama, Kepala Otoritas Bandara Wilayah VI Agoes Subagyo menjelaskan, dengan terjadi peningkatan ini,pihaknya akan melakukan peningkatan pengawasan dengan menggandeng stakeholder terkait yang ada.


"Untuk menyambut para pemudik tersebut, kita di BIM ini telah mengaktifkan Posko Monitoring Transportasi Angkutan Lebaran 2022, karena musim mudik Lebaran tahun ini kita memprediksi ada sekitar 200 ribu pemudik yang akan menggunakan jasa transportasi udara di BIM ini,"ujarnya.


Pihaknya memprediksi lonjakan penumpang ini akan terjadi pada H-3 lebaran, yang diperkirakan penumpang per hari bisa capai 8000 pemudik.


Selain itu, untuk menghadapi lonjakan pemudik ini pihaknya juga melakukan pemeriksan secara komprehensif keselamatan dan keamanan serta memberikan jaminan kenyamanan dalam pelayanan terhadap penumpang.


"Itu sudah kita siapkan dan melakukan koordinasi dengan sebaik-baiknya. Insya Allah kami siap melayani angkutan lebaran di Provinsi Sumbar,"tambahnya.(rel/bd) 

×
Kaba Nan Baru Update