Notification

×

Iklan

Iklan

Lestarikan Adat dan Budaya, Masyarakat Ambacang Anggang Gelar Tradisi Balimau Ba Arak-Arak

03 April 2022 | 07.39 WIB Last Updated 2022-04-03T06:44:28Z

Pasaman, pasbana.com - Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan tahun 2022 M/1443 H, masyarakat Jorong Ambacang Anggang Kanagarian Air Manggis Kabupaten Pasaman, menyelenggarakan tradisi Balimau, baarak ninik mamak, dengan rute mengelilingi kampung dan kembali lagi ke Masjid Raya, Sabtu (2/4). 


Tradisi ini merupakan upaya pelestarian Adat dan Budaya Minangkabau dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan, yang pelaksananya satu hari sebelum puasa. 


Kegiatan baarak Ninik Mamak dimulai dari Masjid Raya Jihad Ambacang Anggang keliling kampung dan kembali ke lokasi Masjid. 


Acara Baarak arak Arak Balimau menyambut bulan ramadhan 1443 H ini dihadiri oleh Datuak Bandaro Basa, Danny Ismaya SP Datuk Sandaran, Rajo Bingkalang, Indomajo, Rajo Katib Taufik Hidayat, Katib Jo Lelo, Katib Syaridin, Pokiah Ibrahim serta niniak mamak, Bundo Kandung, pemuda-pemudi dan masyarakat Ambacang Anggang lainnya.



Dalam penyampaiannya, salah seorang Ninik Mamak yang ikut dalam acara baarak arak, Danny Ismaya SP Datuk Sandaran menyatakan tradisi ini merupakan agenda rutin tahunan yang telah turun temurun terlaksana di Jorong Ambacang Anggang, namun sempat terhenti akibat covid-19 dalam dua tahun belakangan ini.


" Rombongan arak terdiri dari barisan pembawa Zikir yang berada  pada barisan depan, Barisan Ninik Mamak, seterusnya diikuti oleh Kaum Ibuk, Bundo Kanduang serta masyarakat Ambacang Anggang, " jelas Ninik Mamak yang juga Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pasaman. 


Danny Ismaya menambahkan tradisi Balimau Baarak-arak ini merupakan tradisi dalam menyambut bulan suci Ramadan, menyucikan diri serta menjalin silaturahmi dengan saling memaafkan dan ungkapan rasa syukur dalam menyambut Bulan Ramadhan yang penuh berkah, sekaligus mempererat hubunngan antara Ninik Mamak, Tokoh Agam, Bundo Kanduang dan masyarakat. 


“Kita perkirakan ada ratusan orang dari masyarakat yang ikut dalam acara baarak yang kita laksanakan hari ini,” pungkaa Danny .(rel/bd) 

×
Berita Terbaru Update