Notification

×

Iklan

Iklan

Masuk 5 Besar Penilaian, Karang Taruna GMG Wakili Padang Panjang ke Tingkat Provinsi

25 Mei 2022 | 08.29 WIB Last Updated 2022-05-25T01:30:05Z


Padang, pasbana - Karang Taruna Generasi Muda Gantiang (GMG) Kota Padang Panjang masuk nominasi lima besar dalam penilaian pilar sosial berprestasi tingkat Provinsi Sumbar tahun 2022. Kepastian tersebut didapatkan setelah hasil penilaian terhadap karang taruna berprestasi yang  dilaksanakan di Padang, 20 Mei 2022 lalu.


Ketua Karang Taruna Generasi Muda Ganting, Mulia Mitra Hadi menyebutkan bahwa hasil yang didapatkan hari ini adalah hasil perjuangan  dan semangat dari rekan-rekan Karang Taruna yang tidak pernah lelah untuk terus berjuang dan berbuat  serta kreatif dalam melaksanakan program unggulan Karang Taruna Gantiang dalam upaya mewujudkan generasi muda yang aktif, kreatif ,inovatif, reliius dan berbudaya.  


"  Terimakasih kita haturkan kepada seluruh Karang Taruna Kota Padang Panjang baik dari tingkat kelurahan, kecamatan hingga tingkat Kota yang tidak pernah lelah memberikan dukungan dan masukan, prestasi ini  tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak, " ungkap Mulia, Rabu (25/05). 


Dilanjutkannya bahwa saat ini fokus Karang Taruna untuk menuju terbaik tingkat Provinsi adalah dengan mengupayakan objek wisata alam yang saat ini sedang digarap bersama-sama.


“Alhamdulillah Karang Taruna Generasi Muda Ganting, berhasil lolos 5 besar di tingkat Provinsi Sumatra Barat. Kami dedikasikan  prestasi ini untuk sahabat, saudara kami  Hendrico Munir.S.Sn yang telah berpulang. Selama beliau hidup, beliau memiliki peran penting dalam memajukan Karang Taruna Ganting. Banyak hal yang beliau wariskan tidak hanya pemikiran namun juga bebarapa karya beliau yang kami jadikan Pilot Project pada penilaian kemaren," katanya.


Pihaknya juga segera mengejar terget wisata alam camping ground di Kelurahan Ganting. Ada sekitar satu hektar lahan yang sedang digarap dan akan menjadi destinasi wisata alam serta pusat edukasi Tanaman herbal nantinya. 


Kemudian menurut founder  komunitas pendidikan, sosial dan budaya Ruang Togok ini, Karang Taruna mesti memiliki kemampuan untuk bergerak bersama masyarakat dalam  menghasilkan karya sendiri dalam bidang usaha ekonomi produktif, UMKM. 


Agar fungsi Karang Taruna sebagai mitra kerja Kementrian Sosial berjalan sebagaimana mestinya. Hal itu dilakukan tentu saja untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. 


Selain itu pendalaman karakter, moral, sikap serta mental generasi muda juga perlu di fokuskan, sebab kedepan kita perlu menggali serta menerapkan kembali nilai-nilai budaya dan religius generasi muda sebagai upaya mempersiapkan kepemimpinan bangsa yang lebih baik di masa yang akan datang.


"Peran Karang Taruna sebagai salah satu kekuatan masyarakat pelaku utama dalam pembangunan sangat kita rasakan cukup dan terus berkembang sesuai dengan perkembangan zaman. Sebagai generasi penerus cita-cita perjuangan bangsa Indonesia, peran Karang Taruna cukup proporsional sebagai upaya mempersiapkan diri sedini mungkin untuk menyongsong masa depan bangsa," ujarnya.


Muhammad Gandi selaku Ketua Karang Taruna Kota Padang panjang  menambahkan, Alhmdulillah Karang Taruna Gantiang masuk nominasi 5  Karang Taruna terbaik tingkat propinsi, arti nya kita harus segera mempersiakan segala sesuatunya untuk menghadapi penilaian lapangan dari dewan juri provinsi. 


"Diharapkan kerjasama kita semua untuk berkordinasi dan mempertajam komunikasi serta bahu membahu untuk mempersiapkan segala sesuatu nya, agar juara 1 di tingkat provinsi dapat kita raih, " harapnya. 


Ketua Karang Taruna Kota Padang panjang yang selalu mendampingi dari proses awal hingga perlombaan  ini menambahkan, Setelah masuk nominasi lima besar, tim penilai provinsi, akan melakukan penilaian lanjutan melalui kunjungan lapangan dengan tujuan mendapatkan informasi yang lengkap untuk menetapkan pilar sosial terbaik tingkat provinsi Sumbar nantinya.


"Kita akan terus mendampingi dan memberikan masukan dan dukungan agar Kota Padang panjang yang di wakili oleh Karang Taruna Ganting ini dapat meraih predikat terbaik tingkat Propinsi Sumatra Barat hingga ke Nasional. Insyaallah dengan semangat kebersamaan dan jiwa sosial Karang Taruna Pasti bisa," tutupnya.(JE) 

×
Kaba Nan Baru Update