Notification

×

Iklan

Iklan

Atasi Kelangkaaan Pupuk dan Berkurangnya Subsidi Pupuk, Anggota DPR RI Dr. Hermanto Fasilitasi Bimtek Tanaman Pangan

12 Juni 2022 | 20.03 WIB Last Updated 2022-06-14T15:29:15Z



Padang  Panjang, pasbana  -  Dalam rangka  mengatasi  kelangkaan pupuk dan adanya  pengurangan subsidi pemerintah terhadap pupuk kimia, anggota DPR RI  dari Fraksi PKS Dr. H. Hermanto memprakarsai kegiatan Bimtek Tanaman Pangan yang dilaksanakan di 3 wilayah yaitu Kota Padang, Kabupaten Sijunjung, dan Kota Padang Panjang.

 

Bimtek ini dilaksanakan sesuai Angkatan, yakni Angkatan pertama di Kota Padang pada 10 Juni 2022, Angkatan kedua di Sijunjung pada 11 Juni 2022, dan pada tanggal 12 Juni 2022 dilaksanakan di Kota Padang Panjang yang merupakan Angkatan ketiga.

 

Didampingi Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian RI, Dr. Hermanto menegaskan bahwa bimbingan teknis ini diselenggarakan dalam rangka menyikapi kondisi langkanya pupuk yang dibutuhkan oleh para petani, sekaligus solusi atas berkurangnya subsidi pupuk dari Pemerintah.




“ Kita berusaha untuk memberikan solusi bagi petani disaat pupuk langka dan subsidi pupuk yang mulai berkurang, harus ada usaha untuk melakukan swadaya dalam memecahkan permasalahan ini,” ungkap Hermanto.

 

Hadir sebagai narasumber adalah pelaku usaha tani Jimmy Hantu. Dihadapan peserta yang merupakan anggota kelompok tani dan petani milenial, Jimmy memberikan tips dan kiat bertani dengan menggunakan pupuk alami.

 

Pada kesempatan tersebut, Jimmy Hantu yang penemu pupuk organikyang  juga merupakan pengusaha sukses di bidang pertanian dan pupuk alami memberikan hadiah undian Umrah kepada peserta dari Angkatan Pertama di Kota Padang.

 

“ Tingginya biaya produksi dan kesulitan mendapatkan pupuk bersubsidi, kita sikapi dengan beralih kepada penggunaan pupuk organik yang dari segi biaya,” jelas Jimmy .




Sementara itu, Abrar Katik Batuah yang merupakan Ketua PPNSI Kota Padang Panjang yang juga aktifis di bidang pemberdayaan petani mengucapakan terima kasih kepada anggota DPR RI Komisi IV Dr. H. Hermanto atas fasilitasi atas pelaksanaan Bimtek ini.

 

“ Kepada bapak Jimmy Hantu kami ucapkan terima kasih atas ilmu dan tips yang telah diberikan kepada kami, kami berharap dapat bekerjasama dimasa mendatang dan bergandeng tangan daklam pemberdayaan petani,” harap Abrar Katik Batuah.

 

Ungkapan terima kasih juga disampaikan oleh salah seorang peserta Bu Nining atas kemandirian petani dalam mengadakan pupuk organik.

 

“Pupuk bersubsidi sangat sedikit, bagaimana kalua bisa kita memanfaatkan sumber daya alam kita dengan teknologi tepat guna yang saat ini sudah cukup maju,” ucap Nining.

 

Melalui internet, SDM petani muda milenial bisa meningkatkan keahlian dan ketrampilannya . (AKB)

×
Berita Terbaru Update