Notification

×

Iklan

Iklan

KUFLET Siapkan Kader Lewat Latihan Alam

31 Juli 2022 | 13.31 WIB Last Updated 2022-07-31T06:31:11Z


Padang Panjang, pasbana -- Komunitas Seni Kuflet Padang Panjang melakukan latihan alam pasa 29-30 Juli 2022 di Sekretariat Kuflet yang berada di Kampung Jambak. Latihan alam diikuti oleh 10 orang anggota baru, 5 panitia dan 4 orang pemateri.

"Latihan alam merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan Kuflet dan dilakukan di tempat yang berbeda. Tema latihan alam kali ini "Memupuak Baniah Nan Ka Tumbuah, " tutur Wildan Nasution, Ketua Panitia Pelaksana, saat ditemui di sekretariat Kuflet (30/9).

Ketua Komunitas Seni Kuflet M. Futqon Alfarizi, mengatakan bahwa sesungguhnya Kuflet sekali setahun selalu melakukan latihan alam, namun sudah 3 tahun Kuflet tidak melakukan Latihan Alam karena negeri terdera pandemi sejak tahun 2019 yang lalu.


" Alhamdulillah sekarang dapat kita lakukan kembali, sehingga Kuflet dapat membina kader-kadernya kembali," tuturnya.




Furqon menambahkan melalui latihan alam tentu dapat mengenali diri, mampu mengenadalikan diri antara rasa dan pikiran, peka terhadap alam. 


"Tentu hal ini saat bermanfaat dan berguna dalam proses menjadi seniman," tambahnya.

Pendiri dan Penasihat Kuflet Dr. Sulaiman Juned, M.Sn mengatakan melalui latihan alam ini yang paling penting adalah mempersiapkan kader-kader kuflet untuk mengelola organisasi ini dikemudian hari. 


" Makanya ada materi diskusi manajemen seni yang disampaikan Muhammad Subhan, S.Sos.I, diskusi Kepemimpinan, juga materi Gesture dan Vokal, Emosi dan Sukma, Meditasi, eksplorasi kata dan tubuh. Sosialisasi AD/ART sekaligus melakukan pengukuhan anggota baru tersebut menjadi anggota biasa," papar penyair yang sutradara teater itu.




Sulaiman menambahkan latihan alam merupakan latihan dasar atau bagian dari pengkaderan anggota kuflet. 


" Disini kita membentuk kepribadian dan karakter anggota Kuflet yang berilmu sebagau seniman terdidik yang memiliki talenta kuat namun memiliki kesantunan yang bersahaja, " ucapnya. (*/oppy)
×
Kaba Nan Baru Update