Notification

×

Iklan

Iklan

Pengantaran Mahasiswa PLP FKIP Undhari: Jalin Kolaborasi, dan Siapkan SDM Unggul dan Berkarakter

03 Agustus 2022 | 17.36 WIB Last Updated 2022-08-04T00:37:28Z


Dharmasraya, pasbana- Para dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Dharmas Indonesia (UNDHARI) sowan ke sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Dharmasraya. Tujuannya, dalam rangka pengantaran mahasiswa FKIP Undhari semester VII yang sedang menjalani kegiatan Praktik Lapangan Pendidikan (PLP), Rabu (3/8/2022)

Kegiatan ini sendiri akan dijalani oleh para mahasiswa selama kurang lebih 4 bulan, sampai penghujung Desember nanti.  Esensi dari program  PLP ini tidak hanya membekali siswa dengan ilmu praktik mengajar, akan tetapi juga menyiapkan mereka menjadi sumber daya manusia unggul yang memiliki karakter kuat, berdaya saing, mampu beradaptasi, dan berkomunikasi dengan semua kalangan, hingga cakap dalam berkolaborasi dengan setiap lapisan masyarakat.




Dalam kesempatan kali ini, Dosen FKIP Undhari yang diwakili oleh Dr. Amar Salahuddin, M.Pd beserta rombongan, Dodi Widia Nanda, M.Tesol, Yulia Darniyati, M.Pd., dan Eka Filahana Sari, M.Pd. berkesempatan mengunjungi tiga sekolah, yakninya SMAN Unggul Dharmasraya, SMKN 1 Koto Baru, dan SMAN 1 Sitiung. Mahasiwa FKIP Undhari yang melaksanakan PLP di sekolah-sekolah tersebut berasal dari Prodi Penjaskesrek, Pendidikan Matematika, dan Pendidikan Bahasa Inggris. Kemudian tim yang lain juga melaksanakan pengantaran ke SMP, SD, TK Dharmasraya

Pantauan di lapangan, pihak sekolah sangat menyambut dengan antusias kegiatan PLP yang dicetus oleh FKIP Undhari ini. Bahkan secara khusus, H. Sukri, SE., MM selaku Kepala Sekolah SMAN Unggul Dharmasraya berharap kedepannya akan lebih banyak mahasiswa FKIP Undhari yang menjalani program PLP di sekolah tersebut. "Tidak hanya dari program studi Penjaskesrek, tetapi juga prodi-prodi lainnya," ucapnya.




Lebih lanjut, Kepsek muda potensial ini mencanangkan kolaborasi-kolaborasi dalam bentuk lainnya dengan Undhari. Seperti Kegiatan Seni budaya, Paskibra, PBB, Pramuka, Bahasa Asing dan lain-lainnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Gustina, S.Pd., M.Si. Kepala Sekolah SMKN 1 Koto Baru ini menginginkan kedepannya ada kerjasama lanjutan antara pihak sekolah dan kampus. "Seperti kegiatan pengabdian dari dosen maupun mahasiswa," urainya. 




Tak jauh berbeda dengan kedua sekolah sebelumnya, pihak SMAN 1 Sitiung melalui Wakil Kurikulum, Tri Kartini, M.Pd menyampaikan apresiasi lebih atas kepercayaan yang diberikan FKIP Undhari kepada sekolah. "Kami memang berharap ada mahasiswa dari kampus Undhari yang melaksanakan PLP di sekolah ini dan kami meminta kepada para mahasiswa untuk mengeluarkan potensi terbaiknya. Tidak hanya dalam mengajar, tetapi juga dalam hal lain seperti manajemen, profesionalitas dan kedisiplinan," sampainya.

Harapan-harapan positif tersebut disambut baik oleh tim perwakilan FKIP Undhari yang mengunjungi sekolah terkait. "Kita selalu siap melaksanakan kolaborasi-kolaborasi apik dengan pihak sekolah. Ini demi kemajuan pendidikan di Dharmasraya dan Indonesia," tutup Dr. Amar Salahuddin, M.Pd., yang juga Wakil Rektor III Undhari. (Nal) 
×
Berita Terbaru Update