Notification

×

Iklan

Iklan

ADWI 2022 Nobatkan Nagari Tuo Pariangan Juara 1 Desa Wisata Berkembang

31 Oktober 2022 | 22.47 WIB Last Updated 2022-11-25T04:33:53Z


PASBANA, TANAH DATAR- Desa Wisata Nagari Tuo Pariangan meraih juara 1 kategori Desa Wisata Berkembang dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. 

Penghargaan diserahkan Menteri PUPR Dr. Ir. M. Basuki Hadimuljono, M.Sc. kepada pengelola Desa Wisata Nagari Tuo Pariangan Devi Sanjaya pada Malam Anugerah ADWI 2022 di Gedung Sapta Pesona Kemenparekraf, Jakarta Pusat (30/10/2022). 

Apreasiasi disampaikan Bupati Tanah Datar Eka Putra yang turut menyaksikan langsung penyerahan penghargaan tersebut. 

"Luar biasa berkah Allah Yang Maha Kuasa terhadap Desa Wisata Nagari Tuo Pariangan Kabupaten Tanah Datar. 3 penghargaan yang sangat bergengsi diraih hari ini. Saya selaku Kepala Daerah tentu sangat bangga. Terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah mendukung pencapaian prestasi yang sangat fenomenal ini," kata Eka. 

Bupati berharap prestasi yang luar biasa tersebut dapat dipertahankan dan ditingkatkan di masa yang akan datang. 

"Semoga ini bisa menjadi pemicu bagi Desa Wisata di Kabupaten Tanah Datar pada khususnya dan Provinsi Sumatera Barat pada umumnya untuk meraih prestasi yang sama," harapnya. 

Turut hadir dalam acara tersebut mendampingi Bupati, Asisten Ekobang Abdul Hakim, Kadisparpora Hendri Agung, Pengelola Desa Wisata/Ketua Pokdarwis Devi Sanjaya, Sekretaris Nagari Pariangan Zelmawati dan Penggiat Pariwisata Irwan Malin Basa. 

Diketahui, Malam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022 merupakan malam penghargaan bagi desa wisata yang berhasil masuk menjadi 50 besar desa wisata terbaik yang sudah terkurasi dan divisitasi oleh Menparekraf yang memiliki tujuan untuk mempublikasikan secara luas pariwisata Indonesia di dalam negeri maupun luar negeri. 

Acara ini mengangkat tema “Dari Desa Untuk Indonesia Bangkit” dikemas secara modern dengan menggabungkan unsur seni budaya tradisional Indonesia dengan menampilkan artis tanah air. 

Sebelumnya, Nagari Pariangan juga mendapat 2 rekor MURIDesa Wisata Pertama dengan rekor Batik Beraroma Kopi dan Desa Wisata Pertama yang Memiliki Pewarna Batik Alami dari Limbah Kopi.

Nagari Pariangan menurut laman Travel Budget, merupakan satu dari sepuluh desa terindah di dunia. Keindahan desa ini mampu bersanding dengan desa di luar negeri seperti desa Eze di Prancis dan desa Wengen di Swiss.

Di Nagari Pariangan, travelers bisa menemukan rumah-rumah gadang atau rumah tradisional Minangkabau yang menjadi ciri khas desa.

Selain itu, ada juga masjid tertua di desa ini yang konon sudah berdiri sejak abad ke-19 silam dan dikenal dengan nama Masjid Ishlah.

Untuk makin tahu Indonesia,  nagari ini wajib masuk daftar kunjungan saat tengah traveling ke Sumatera Barat. (Rel/bd) 
×
Kaba Nan Baru Update