Notification

×

Iklan

Iklan

Dari Lawang Park, Gubernur Mahyeldi Lepas Ribuan Pesepeda Minang Geopark Cycling 2022

31 Oktober 2022 | 08.32 WIB Last Updated 2022-10-31T22:35:49Z

PASBANA, AGAM --Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi melepas ribuan para Goweser yang berasal dari Pekanbaru, Jambi, Bogor, Bengkulu, Palembang dan dari Kabupaten/Kota di Sumbar yang akan mengeksplor keindahan alam sumatera barat. 

"Dengan bersama-sama mengucapkan Hamdalah, 'bismilllahhirahmanirrahim' saya melepas para goweser secara resmi event Minang Geopark Cycling 2022," kata Gubernur Mahyeldi di Nagari Lawang, Kabupaten Agam, Minggu, (30/10/2022).

Gubernur Mahyeldi menuturkan kali ini Minang Geopark City 2022, para goweser bakal menjajal kelok 44 menyusuri Danau Maninjau dari Lawang Park yang berakhir di Linggai Park. 

Sebelumnya di etape pertama para pesepeda menyusuri lintasan Kawasan Geopark Ngarai Sianok menuju Lawang Park. Menurutnya event seperti Minang Geopark Cycling ini merupakan salah satu faktor pendorong peningkatan wisatawan pada saat tahun kunjungan Visit Beautiful West Sumatera 2023 (VBWS 2023) nantinya. 

"Tentunya hal tersebut didukung dengan hospitality atau pelayanan masyarakat kepada wisatawan. Kepada masyarakat Sumbar mari tingkatkan kesadaran kita bahwa pariwisata merupakan suatu hal yang paling cepat meningkatkan perekonomian dan kita punya potensi yang luar biasa di Sumbar," ujar Mahyeldi.

Ia juga mengatakan di tahun 2023 yang akan datang Pemprov Sumbar akan mengadakan iven-iven lebih banyak lagi, tentunya hal tersebut didukung dengan pembangunan infrastruktur, peningkatan hospitality, serta pembukaan akses jalan seperti  jalan Alahan Panjang menuju Bayang Kabupaten Pesisir Selatan, akses jalan Malalak - Maninjau, serta Pasaman Barat menuju Pelabuhan Teluk Tapang. 

"Mudah-mudahan dengan terbukanya berbagai akses jalan baru ini akan mendorong lebih banyak wisatawan ke beberapa objek wisata yang kita miliki di sumbar, apalagi di tahun 2023 nanti kita akan menjadi tuan rumah event World Islamic Entrepreneur Summit (WIES) 2023," ujarnya. 

Terakhir Gubernur Mahyeldi atas nama Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mengucapkan terima kasih yang sebesar-besaranya kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Pemerintah Kabupaten Agam serta para sponsor yang telah mengalokasikan dana untuk mendukung pelaksanaan Minang Geopark Cycling 2022

"Terutama pada peserta gowes selamat selamat menikmati keindahan alam dan keelokan budaya Sumatera Barat, khususnya Kabupaten Agam. Tetap semangat, jaga kesehatan, dan berhati-hati di perjalanan," ucapnya.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Agam, Andri Warman, menyebutkan dalam rangka tahun kunjungan VBWS 2023 yang akan datang Pemkab Agam akan berpartisipasi aktif dalam mengembangkan pariwisata di Sumbar. Terlebih pihaknya menginginkan Agam menjadi daerah kunjungan pariwisata utama di Sumbar. 

"Agam lengkap dengan potensi alamnya, seperti Danau Maninjau, Ngarai Sianok, Pantai Tiku, seusai rencana Pak Gubernur saya akan dukung penuh event VBWS 2023 yang akan datang. Selain itu, kami akan rutin menggelar event gowes ini untuk memicu kunjungan wisatawan di Agam karena terlihat seperti sekarang ini banyak sekali peserta yang hadir dari berbagai Provinsi," sebutnya. 

Terakhir, Joko Sunarbowo, Sub Koordinator Event Wilayah Sumatera dan Kalimantan Kemenparekraf RI, juga melaporkan dengan semakin bertambah jumlah peserta gowes di event ini akan menggenjot promosi pariwisata di Kabupaten Agam. Ia juga berpesan tetap menjaga protokol kesehatan, serta turut membantu memajukan pariwisata ekonomi kreatif. 

"Gali dan kembangkan terus potensi kearifan lokal, sinergi dan kolaborasi merupakan kunci utama untuk mewujudkan pariwisata Kabupaten Agam semakin juara," tutupnya.(rel/bd) 
×
Kaba Nan Baru Update