Notification

×

Iklan

Iklan

Diatas Lahan 5,7 Hektar, Sport Center Padang Panjang Segera Dibangun

06 Oktober 2022 | 18.40 WIB Last Updated 2022-10-06T11:43:11Z


PASBANA, PADANG PANJANG - Sport Center (SC) yang bakal dibangun di Sago, Kelurahan Ngalau, Kecamatan Padang Panjang Timur (PPT), bukan hanya sekadar sarana olahraga, tapi juga sebagai tempat pelatihan dan pendidikan atlet.


"Bapak Wali Kota menginginkan SC menjadi tempat mencetak para atlet, tempat pelatihan dan pendidikan olahraga. SC yang bakal dibangun juga akan memperhatikan segala aspek, memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada masyarakat," ungkap Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Porapar), Drs. Maiharman, Kamis (6/10/2022).


Cita-cita menjadikan SC sebagai tempat pembibitan para atlet, menurut Maiharman, sangat relevan. Lantaran kualitas udara Padang Panjang sehat dan jauh dari polusi.


"Padang Panjang dinilai berada di lokasi yang sangat strategis dengan udara yang bersih. Sangat sesuai sebagai tempat pendidikan para atlet," ujarnya.


Diceritakan Maiharman, SC  masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2018-2023. Upaya pembangunan SC dimulai pada 2019, melalui kajian. Dari kajian itu SC layak dibangun di Kota Padang Panjang.


Langkah pembebasan lahan lewat kesepakatan pemilik lahan, lanjut Maiharman, dilakukan pada 2019- 2020. "Ada kesepakatan pemilik lahan melepas lahannya. Kemudian dilakukanlah appraisal (penilaian) harga tanah," sebutnya.


Kemudian dilakukan tahapan pembayaran tanah kepada pemilik lahan pada April dan Desember 2020. Pembayaran berlanjut pada Mei dan Desember 2021.


"Total lahan pembangunan SC 5,7 hektare. Peletakan batu pertama dijadwalkan 10 Oktober ini," ujarnya.


Keinginan pembangunan sarana prasarana olahraga, kata Maiharman, sudah sejak lama direncanakan. Hal itu ada pada visi  jangka panjang Kota Padang Panjang 2005-2025 yakni  “Kota yang Maju, Lestari dan Islami”.


Kata maju yang dimaksud disini, menurutnya, ditandai dengan sarana dan prasarana yang memadai.


"Alhamdulillah,  setelah sekian lama, keinginan memiliki sarana prasana olahraga yang representatif, insyaa Allah bisa diwujudkan dengan pembangunan Sport Center," tuturnya. (Rel/KPP) 

×
Kaba Nan Baru Update