Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa Asing yang Berkuliah di Unand Menyusut Hanya 70 Orang

05 Oktober 2022 | 15.00 WIB Last Updated 2022-10-05T08:19:03Z


PASBANA, PADANG  - Rektor Universitas Andalas, Padang, Sumatera Barat Prof. Dr. Yuliandri, S.H., M.H mengatakan, saat ini ada tujuh orang mahasiswa berkewarganegaraan Myanmar kuliah di Universitas Andalas.

Kata Rektor Unand Yuliandri Selasa (4/10/2022) sebelum Pandemi Covid-19 mendera negeri ini jumlah mahasiswa internasional mencapai 400 orang. Maka selama musibah Pandemi menyelimuti negeri ini jumlah mahasiswa internasional berkurang signifikan.

Namun di tahun 2022, Rektor Unand Yuliandri menyebutkan Universitas Andalas mulai menerima kembali mahasiswa asing, yang kini berjumlah sekitar 70 orang yang tersebar di semua prodi.
Kehadiran mahasiswa/i dari negara lain untuk menikmati pembelajaran di Unand menjadi bukti bahwa kampus kebanggan masyarakat Sumbar sudah dikenal sampai ke dunia Internasional.

Ke depan semoga akan semakin banyak lagi mahasiswa mancanegara menimba ilmu di Unand.
Saat ini, Universitas Andalas berada pada peringkat 12 dari 15 perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi Webometric yang dirilis pada Juli 2022 dan peringkat 1.826 di dunia serta berada pada posisi 60 di Asia Tenggara.

Webometrics Ranking of World Universities sendiri diinisiasi oleh Cybermetrics Lab, sebuah kelompok riset yang menjadi bagian dari Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), badan riset publik terbesar di Spanyol.


Dilakukan sejak tahun 2004, Sistem pemeringkatan Webometrics bertujuan untuk mempromosikan publikasi website, mendukung inisiatif open access, mendukung akses elektronik untuk publikasi ilmiah, dan materi akademik lainnya. 


Indikator penilaian yang dilakukan Webometrics, yaitu dengan poin impact atau visibility, openness and transparency, dan excellence.


Impact Rank dinilai berdasarkan kinerja website dalam jumlah tautan atau link (Backlink/Domain Refferal) website. Semakin banyak link atau tautan website universitas pada website lain, maka akan semakin baik nilai impact rank. Lalu, openness rank merupakan jumlah rujukan dari artikel jurnal dosen di perguruan tinggi berdasarkan Google Scholar. Sementara, Excellence Rank merupakan jumlah rujukan dari artikel jurnal dosen di perguruan tinggi. 


Universitas Andalas meraih nilai impact 999, oppeness 1.677, dan nilai excellence 3.399, berdasarkan penilaian tersebut, Universitas Andalas berhasil menempati peringkat 12 terbaik di Indonesia dan peringkat 1.826 di dunia sedangkan di Asia Tenggara berada pada posisi 60. (rel/bd)
×
Kaba Nan Baru Update