Notification

×

Iklan

Iklan

Meriah, Festival Galundi Singkarak 2022 yang Digelar Nagari Batu Taba

29 Oktober 2022 | 22.54 WIB Last Updated 2022-11-25T03:00:31Z


PASBANA, TANAH DATAR - Sajian menarik dan istimewa disuguhkan oleh masyarakat Nagari Batu Taba dalam gelaran Festival Galundi Singkarak 2022.

Ibu-ibu di agari Batu Taba manjunjung jamba (makanan) mengikuti arak-arakan sebagai prosesi awal, pada Festival Galundi Singkarak di Nagari Batu Taba, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, Sabtu (29/10/2022).

Bupati Tanah Datar Eka Putra membuka secara resmi Galundi Singkarak Festival di Nagari Batu Taba ini.  



Menurut Bupati Eka Putra, melalui Galundi Singkarak Festival tergali potensi-potensi yang ada di nagari, mulai kuliner hingga potensi wisata dan kreatifitas lainnya.

Di tempat yang sama, Wagub Sumatera Barat Audy Joinaldy mengapresiasi usaha masyarakat Nagari Batu Taba yang telah berusaha keras menggelar Festival Galundi Singkarak . 

" Semoga kedepannya, Nagari Batu Taba tumbuh menjadi Desa wisata, Galundi Singkarak Festival ini bisa menjadi desa wisata. Namun untuk menjadi desa wisata memang ada yang harus kita siapkan. Yang penting itu bukan infrastruktur tapi SDM, pelayanannya dan kebersihan,”ungkap Wagub Audy. 



Galundi Singkarak Festival adalah festival rakyat anak Nagari Batu Taba yang mengkolaborasikan, mempertemukan dan menyatukan berbagai aktifitas kreasi seni budaya Minangkabau dengan hasil olahan pertanian, perkebunan, dan perikanan dalam satu peristiwa bersama di Nagari Batu Taba, Tanah Datar, Sumatera Barat.


Acara yang menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan asing maupun lokal ini digelar selama dua hari, yaitu 29-30 Oktober 2022.Dan pada tahun 2022 ini, merupakan gelaran kedua setelah mengalami vakum saat pandemi covid melanda. 


Galundi Singkarak Festival ini dihadiri Wagub Sumbar, Bupati dan Wakil Bupati Tanah Datar, Anggota DPD, Anggota DPRD Sumbar, Camat dan wali nagari se-Kabupaten Tanah Datar, dan sejumlah OPD, tamu undangan, dan tentunya masyarakat Nagari Batu Taba. (bd) 

×
Kaba Nan Baru Update