Notification

×

Iklan

Iklan

Gubernur Mahyeldi: Jadikanlah Al-Qur’an Sebagai Sahabat Sejati

28 November 2022 | 23.12 WIB Last Updated 2022-11-30T04:15:24Z


Padang Panjang, pasbana -- Jadikanlah Al-Qur’an sebagai sahabat sejati kita, karena Al-Qur’an bisa membawa kita ke jalan kebaikan dan memberikan Syafa’at pada diri kita sendiri.

Hal ini disampaikan Gubernur Sumatera Barat saat membuka lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kota Padang Panjang ke-XL yang diadakan di Islamic Center Padang Panjang, Senin (28/11/2022).

Gubernur Sumbar mengajak umat Islam untuk selalu dekat dengan Al-Qur’an. Al- Qur’an juga akan menolong bagi orang yang membaca dan mengamalkan semua yang terkandung isinya.  

"Satu saat apabila kita di alam kubur, maka 
kita cahaya Al-Qur’an akan datang untuk menerangi kubur kita dan Al-Qur’an selalu mendampingi di alam kubur sampai masuk ke dalam surga," kata Mahyeldi.

Gubernur Sumbar yang akrab dipanggil "Buya" ini menjelaskan utama manfaat membaca Al-Qur’an, yaitu bisa menentramkan hati bagi orang-orang beriman yang sering berinteraksi dengannya. 



"Membaca Al-Qur’an tanpa diikuti dengan langkah nyata, akan mengakibatkan kehidupan kita kehilangan segalanya. Makanya Al-Qur’an sebagai sahabat Akrab," ucap Buya Mahyeldi.

Sebagaimana Rasulullah sallallahu alaihi wasallam bersabda: “Bacalah Al-Qur’an, sesungguhnya ia akan datang pada hari kiamat menjadi pemberi syafaat bagi orang-orang yang bersahabat dengannya.” (HR. Muslim).

Selanjutnya Buya Mahyeldi menyampaikan apresiasi kegiatan MTQ tingkat Kota Padang Panjang ke-XL yang diselenggarakan di Islamic Center kebanggan Padang Panjang yang merupakan Kota Serambi Mekah.

"Hari ini kita menyaksikan suatu event besar dimana Al-Qur’an akan didengarkan setiap malam di Padang Panjang yang luar biasa ini," sebutnya.

Selain itu Buya juga turut menyemangati seluruh Khafilah MTQ Kota Padang Panjang dalam berlomba untuk menjadi yang terbaik sehingga dapat mewakili Sumbar di tingkat nasional.

"Semoga bagi para peserta bisa menjadi yang terbaik disini dan bisa nantinya mewakili Sumbar di tingkat nasional," serunya.




Selain itu, Gubernur Mahyeldi menjanjikan bagi masyarakat yang telah mengharumkan nama Sumbar yang meraih Juara MTQ ataupun hafal 30 juz, maka akan diberikan reward kuliah di Medinah dan naik haji.

Bahkan Buya Mahyeldi mengatakan banyak hadiah besar yang diberikan untuk para atlet yang berprestasi, sedangkan untuk kalifah MTQ jauh di bawah itu.

"Saya inginkan para kalifah yang juara nantinya diberikan hadiah yang sama dengan para atlet berprestasi, kalau perlu lebih dari itu.," pintanya.

Menurutnya kalifah yang berprestasi, selain membawa kebaikan kepada daerah juga merupakan jantung dari Minangkabau yaitu Adaik Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS SBK) yang didasarkan pada Al-Quran dan Sunnah. (Rel/bd) 
×
Kaba Nan Baru Update