Notification

×

Iklan

Iklan

Payakumbuh Raih Penghargaan dari Indonesia Development Forum (IDF) 2022

22 November 2022 | 19.15 WIB Last Updated 2022-11-22T12:15:27Z


Payakumbuh, pasbana - Pemanfaatan BigBox untuk menunjang implementasi satu data Indonesia oleh Pemko Payakumbuh dianugerahi penghargaan pada acara Indonesia Development Forum (IDF) 2022.

Kegiatan yang diikuti Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Payakumbuh Junaidi di dampingi Sekdis Kominfo Armein Busra melalui zoom meting dari Aula Kopai, Selasa (22/11) itu, Pemko Payakumbuh menjadi nominasi bersama Pemko Semarang dan Pemkab Kaur.

"Alhamdulillah, Ini suatu kebanggaan bagi kita, berkat kerja keras kita (Pemko Payakumbuh – red) Payakumbuh mendapat penghargaan di acara IDF 2022,” kata Kadis Kominfo Junaidi.

Junaidi menyebut, Kota Payakumbuh merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki banyak potensi. Dengan memanfaatkan teknologi yang dimiliki Telkom, dapat diciptakan ekosistem digital untuk membantu mengoptimalkan potensi potensi tersebut.

“Dengan BigBox yang merupakan inovasi digital karya anak bangsa yang berhubungan dengan Produk & Solusi Big Data, yang bisa dimanfaatkan salah satunya untuk menunjang implementasi Satu Data Indonesia sesuai Perpres No.39 Tahun 2019 dan Perpres No. 95 Tahun 2018 Tentang SPBE,” jelasnya.

Dia menjelaskan Dengan BigBox, data dari masing-masing OPD/SKPD Pemda dapat saling terintegrasi secara optimal dalam satu platform, yang outputnya dapat dimanfaatkan untuk mendukung kebijakan serta insight dalam bentuk analitik, potensi daerah, indikator kinerja (SDGS, RPJMD, TPB), dan lainnya.

“Dengan pemanfaatan BigBox, Pemko Payakumbuh dapat mendorong kemajuan melalui berbagai tahap dalam transformasi digital sehingga mampu menjadi pemain digital yang mandiri,” tutupnya.

Sementara itu dari sisi Sekretaris Kementerian PPN/Bappenas Taufik Hanafi memaparkan, acara Puncak IDF 2022 memberi ruang bagi pemangku kepentingan berdiskusi soal pembangunan di Indonesia.

“Di IDF 2022 ini, para pemangku kepentingan bisa saling berinteraksi dan berkolaborasi serta menyampaikan ide-ide pembangunannya kepada Pemerintah sebagai tahap inisiasi dengan harapan ada keluaran berupa dokumen usulan kebijakan pembangunan,” ujar Taufik.

Lebih lanjut, Taufik menambahkan gelaran IDF ini juga dilakukan selaras dengan pemulihan ekonomi setelah pandemi demi menghasilkan ketahanan dan kesejahteraan ekonomi.

Acara Puncak IDF 2022 bertema “The 2024 Development Agenda: New Industrialization Paradigm for Indonesia’s Economic Transformation” digelar sebagai penutup rangkaian IDF IDEA Series 2022: Inspire, Imagine, dan Innovate yang telah berlangsung sepanjang 2022. (Rel/bd) 

×
Kaba Nan Baru Update