Notification

×

Iklan

Iklan

Kolaborasi Dakwah: Pontren Kauman Gelar Daurah Tahfidz Al-Quran di Era Digital

25 Desember 2022 | 22.31 WIB Last Updated 2022-12-26T01:42:26Z

Padang Panjang, pasbana - Memanfaatkan waktu liburan bersama Al-Quran merupakan hal tidak asing lagi bagi santri. Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang hadir dengan inovasi program Daurah Tahfidz berbasis Digital. 

Sebanyak 41 orang santri mengikuti kegiatan tersebut di lokasi wisata religi Batu Galodo, Sungai Tanang, Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam pada 25 Desember 2022 hingga 03 Desember 2023. 

Mengusung tema “Membangun Generasi Quran di Era Digital”, kegiatan yang bekerjasama dengan Unit Kegiatan Mahasiswa/UKM Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M. Djamil Djambek, Bukittinggi ini merupakan kolaborasi antara Menghafal Quran dengan Pelatihan Desain Grafis serta Content Creator Video dengan Aplikasi Android. 



Wakil Mudir Bidang Pengasuhan Kauman, Insan Adha Hasibuan mengungkapkan “Di zaman yang serba teknologi sekarang ini membuat kita mesti mampu beradaptasi dengan cepat. 

" Semakin banyak peluang dakwah yang menarik. Salah satunya adalah dengan karya visual. Namun kita tetap menciptakan lingkungan yang senantiasa membersamai Al-quran,” terangnya. 




 Ia juga menyebutkan bahwa kegiatan Daurah sebelumnya hanya berfokus pada menghafal dan memperbaiki bacaan Quran namun memandang hubungan generasi Z yang seperti tidak bisa terlepas dari gawai. Maka pentingnya memfasilitasi kebiasaan tersebut agar lebih bermanfaat

Ali Nurdiansyah selaku pendamping menerangkan “Kita ingin menciptakan hubungan yang positif antara santri dan handphone. Sebagai santri dakwah memanglah tidak asing, namun jika berdakwah dengan karya tentu akan menjadi lebih berkelas. Santri ditargetkan dengan 5 Juz Hafalan Quran selama 10 hari dan mempu menghasilkan desain poster dakwah dan video murrotal quran,” jelasnya.(SEA) 
×
Kaba Nan Baru Update