Notification

×

Iklan

Iklan

Bak Toilet Hotel, Tempat Wudhu Masjid ini Dipenuhi Bunga dan Pengharum Ruangan

13 Februari 2023 | 12.31 WIB Last Updated 2023-02-13T06:33:22Z

pasbana - Wajar kalau masjid ini ramai dikunjungi wisatawan religi dari berbagai tempat. Selain bersih, nyaman dan indah untuk dijadikan tujuan destinasi wisata religi. Namanya Masjid Syahrun Nur. Lokasinya di Sipirok, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Letaknya berada diatas bukit yang dikelilingi gedung perkantoran dan hutan rakyat. Hawanya sejuk, tiupan angin dari perbukitan Bukit Barisan menambah kenyamanan. 

Beruntung sekali kami bisa Sholat Shubuh berjamaah di masjid ini. Dan kejutan pertama yang kami alami adalah saat masuk tempat wudhu dan toilet. 

Kalau Masjid megah dengan menara yang menjulang tinggi, itu sudah biasa kami temui di kota-kota lain. Tapi fasilitas wudhu dan toilet masjid yang bersih dan wangi bak toilet hotel.... Baru kali ini kami temui.



Untuk menjaga kesucian Masjid dan jamaah sholat, biasanya ada bak pencuci kaki di pintu sebelum masuk tempat wudhu. Namun tidak dengan di Masjid ini. Air pembasuh kaki tidak digenangkan di bak, tapi dialirkan secara lembut ke seluruh lantai tempat wudhu. Jadi bersih terus . Uniknya lagi, lantai tidak licin. 

Masjid Agung Syahrun Nur pada 22 Januari 2021, dua tahun melayani Ummat, baik fasilitas dan pelayanan masih terjaga dengan baik. Nama masjid diambil dari inisiator sekaligus motor pembangunan masjid, yaitu nama Bupati yang pernah memimpin selama dua periode, Syahrun Nur Pasaribu. 
Pembangunannya menghabiskan dana kurang lebih 100 Milyar dengan memakan waktu pembangunan selama 3 tahun. Berdiri diatas lahan 50 Ha, masjid ini tak hanya memiliki taman yang indah. Juga ragam fasilitas untuk "memanjakan" para musyafir atau wisatawan religi. 

Masjid ini punya banyak spot untuk berfoto yang kata anak milenial... Instagramable
Ada pojok baca dibagian depan dekat lahan parkir. Ada 10 kamar mandi untuk pria dan 10 kamar mandi untuk wanita. 

Kembali ke tempat wudhu dan toilet yang super mewah. Begitu masuk tempat wudhu, kita dimanjakan dengan pemandangan full bunga dan full pengharum ruangan. Tiap jarak satu setengah meter digantung pengharum ruangan dua buah. 




Meski layaknya hotel mewah, toilet di masjid ini pakai closet jongkok. Bukan closet duduk. Selain sesuai dengan kebiasaan masyarakat lokal, ini juga sesuai dengan syariat dan kesehatan. Cocok dengan orang Indonesia kebanyakan. 

Ada wastafel yang juga berstandar hotel lengkap dengan sabun cair harum ala hotel. Pokoknya bikin betah kita dah..... !

Usai menunaikan sholat, ada lagi yang bikin kita pingin berlama-lama di masjid ini. Apalagi kalau bukan kulinernya.... Selain cocok di lidah, cocok juga di kantong. 
Dari sekilas pengalaman pribadi ini, masjid ini recommended untuk dijadikan destinasi tujuan saat mau menuju dan dari Kota Medan. 

Pokoknya Top Markotop....! 

(budi)
#makin tahu_Indonesia
#masjid
#syahrunnur
#tapsel_sumut
×
Kaba Nan Baru Update