Notification

×

Iklan

Iklan

Ini Manfaat Wudhu Bagi Kesehatan

13 Februari 2023 | 06.47 WIB Last Updated 2023-02-12T23:47:15Z


Pasbana - Wudhu berasal dari al wadhah artinya indah dan elok. Dinamakan wudhu karena membersihkan dan memperindah orang sehingga dianggap bagian dari thaharah (kesucian, kebersihan), di mana kebersihan pangkal kesehatan.

Peneliti di London menyatakan bahwa dampak positif pencelupan anggota tubuh ke air akan mengembalikan tubuh yang lemah menjadi kuat, mengurangi ketegangan saraf dan otot, kecemasan dan insomnia.

Wudhu akan menyentuh kulit, rambut, kuku. Kulit berfungsi sebagai pembungkus seluruh permukaan tubuh dan melindungi dari berbagai ancaman kuman, racun, radiasi, mengatur suhu tubuh, fungsi ekskresi melalui pori-pori dan media komunikasi antar sel saraf untuk rangsang nyeri, panas, sentuhan, tekanan.

Kestabilan kulit ditentukan oleh pH (derajat keasaman) dan kelembaban. Bersuci merupakan salah satu metode menjaga kestabilan tersebut khususnya kelembaban kulit.

Rukun Wudhu dimulai dari membasuh muka mulai dari rambut sebelah dahi sampai dagu dan dari telinga kanan sampai kiri dan membasuh kedua tangan mulai dari ujung jari sampai kedua siku serta menyapu kepala, bermanfaat dalam menghilangkan debu, mikroba, keringat dan lemak yang menjadi tempat ideal untuk bakteri berkembang biak.

Membasuh kedua telapak kaki dengan memijat dapat mendatangkan perasaan tenang dan nyaman, karena telapak kaki merupakan cerminan seluruh perangkat tubuh.

Berkumur atau membersihkan rongga mulut, dilakukan 5 kali sehari dapat membersihkan sisa makanan di sela gigi sehingga mencegah pertumbuhan kuman dan infeksi. 

Penelitian membuktikan bahwa berkumur dapat menjaga mulut dan tenggorokan dari radang dan menjaga gusi dari luka, menguatkan sebagian otot-otot wajah.

Istinsyaq artinya menghirup air melalui rongga hidung sampai ke tenggorokan (nasofaring) untuk mensucikan selaput dan lendir hidung yang tercemar udara kotor dan kuman.

Penelitian oleh tim kedokteran Universitas Alexandria membuktikan bahwa orang yang berwudhu secara kontinyu, maka hidung bersih dari debu, bakteri dan mikroba. 

Seperti kita ketahui bahwa lubang hidung merupakan tempat yang rentan dihinggapi mikroba dan virus, tetapi dengan membasuh hidung secara kontinyu den melakukan istinsyaq, maka lubang hidung menjadi bersih dan terbebas dari radang dan bakteri. Hal ini mencerminkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Dalam hadits riwayat Imam Abu Hanifah, Imam Malik, Imam Syafi’i, Imam Ahmad Hambali diterangkan“Sempurnakanlah dalam berwudhu dan gosoklah sela–sela jari kalian.... ".

Mengapa sela–sela jari? Karena, di bagian itulah berjalan serabut saraf, arteri, vena, dan pembuluh limfe. Penggosokan sela–sela jari akan memperlancar aliran darah perifer yang membawa pasokan makanan dan oksigen.

Sebagai kesimpulan, saat berwudhu kita membasuh bagian tubuh yang banyak bersentuhan dengan dunia luar, yang tidak tertutup pakaian sehingga menjadi alat kontak tubuh dengan lingkungan dan banyak mengalami kontaminasi atau kotoran.(dihimpun dari Berbagai Sumber) 
×
Kaba Nan Baru Update