Notification

×

Iklan

Iklan

Kiprah Adi, Peternak Milenial yang Mendorong Peternakan Moderen di Sijunjung

29 Maret 2023 | 21.46 WIB Last Updated 2023-03-29T15:19:11Z
Foto: Dok. langit7


Oleh: Aditia


Pasbana -  Adalah Adi, seorang pria kelahiran 1995 yang bermukiman di Nagari Paru, Kabupaten Sijunjung, Sumatra Barat. Ia seorang pencetus program peternak milenial di salah satu nagari di Kecamatan Sijunjung. 

Program ini bermula ketika ia melihat bahwa minimnya ketertarikan dan keterlibatan anak muda zaman sekarang terhadap sektor peternakan dan pertanian, oleh sebab itu program peternak milenial ini dicetuskan bertujuan agar menarik minat dari anak zaman sekarang, karena mereka sangat mampu memanfaatkan serta menggunakan teknologi. 

Dan itu akan sangat membantu perkembangan sektor peternakan di Nagari Paru. Ia menarik perhatian anak-anak muda ini dengan cara mengajak mereka secara turun lansung ke lapangan bagaimana cara beternak modren yang mana menggunakan terknologi terkini. 

Cara ini sangat ampuh sehingga sampai saat sekarang ini terdapat 10 orang anak muda yang tergabung dalam program peternak milenial ini, program peternak milenial ini berfokus pada beberapa komoditi seperti ayam petelur, ayam pedaging dan masih ada dalam tahap percobaan yaitu seperti ayam KUB (Ayam Kampung Balignan).

Dalam program ini, Adi mengajarkan anak muda tersebut bagaimana caranya beternak moderen seperti peternakan yang ada di Jepang dan Australia, khususnya pada komuditi ayam petelur dan ayam pedaging. 

Adi mengajarkan anak muda ini sesuai dengan metoda yang ia pelajari selama di kampus, tentang bagaimana cara beternak moderen, yang pertama mulai dari perkandangan, jenis kandang yang Adi pakai yaitu jenis kandang Windowless Keisha Style (kandang tertutup) dan yang paling penting yaitu sistem pemeliharan serta manajemen pakan yang mana sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ayam tersebut. 

Untuk saat ini, Adi dan anak muda tersebut sudah mempunyai 2 kandang ayam petelur  dengan 1 kandang berkapasitas kurang lebih 6000 ekor ayam,sedangkan untuk ayam pedaging hanya baru 1 kandang yang beroperasi dari 2 kandang, kurang lebih terdapat 7000 ekor ayam.

Jenis ayam yang Adi ternak untuk ayam petelur menggunakan ayam petelur Hibrida sedang ayam pedaging menggunakan jenis ayam Broiler. 

Untuk market dari usaha Adi ini, ia mensupplai sekitar 50 persen pada setiap ayam komuditi ke salah satu perusahaan ternama yang bergerak dibidang pertanian dan peternakan, untuk 25 persen ia jual ke pasar tradisioal yang ada di Kabupaten Sijunjung. 

Sedangkan 25 persen lainnya ia jual melalui salah platform E-Commerce atau secara online. 

“Nah untuk komoditi ayam KUB masih dalam tahap percobaan mungkin sekitar kurang lebih Satu tahun lagi akan direalisasikan dalam program peternak milenial ini, ”ujar Adi.

Bagas (25 Th) yang merupakan salah satu peternak milenial yang tergabung dalam divisi pengembangan ayam peterlur sangat mengapresiasi dan mendukung adanya program ini. 

" Program ini sangat  bagus untuk generasi penurus bangsa seperti saya dan teman-teman lainnya yang tergabung dalam program ini, disini kami belajar banyak hal, tentunya seperti belajar bagaimana cara mengimplementasikan perkembangan terknologi untuk kemajuan di sektor peternakan, dan disini saya mungkin mewakili teman-teman yang lainnya, kami berharap untuk generasi  milenial jangan gengsi untuk ikut andil dalam kemajuan peternakan di Indonesia, karna negara Idonesia butuh tenaga, inovasi, dan kreatifitas kalian untuk perkembangan dan kemajuan Negara Indonesia, baik di sektor manapun yang kalian minati, " jelasnya. 

Sementara itu, Wali Nagari Paru  Iskandar S.E menyampaikan program yang dijalankan oleh Adi ini sangat memberikan dampak yang signifikan terhadap perkembangan di sektor peternakan yang ada di Nagari Paru, hingga saat ini terdapat beberapa usaha ternak keluarga.

" Peternak yang notabenenya masih menggunakan cara tradisional, sekarang alhamdulillah sedikit demi sedikit beralih ke cara yang modren, saya berharap program ini terus berkembang sehingga memotivasi para generasi muda untuk ikut andil dalam kemajuan di sektor peternakan maupun pertanian di Indonesia, ” ujar Bapak Iskandar. 

Ada pemeo yang mengatakan “milenial enggan bertani dan beternak”, cenderung mereka memilih bekerja di sektor Industri dan Perbankan, karena bertani dan beternak itu profesi yang kampungan serta tidak menguntungkan dari segi financial atau penghasilan, ujar anak generasi milenial zaman sekarang. 

Mereka tidak sadar bahwa beternak dan bertani itu sangat simple dan menguntungakan, karena beternak dan bertani sekarang menggunakan kemajuan dan perkembangan teknologi, bisa dibilang sebagai peternak modren. 

Untuk itu generasi milenial ini dibutuhkan kontribusinya untuk ikut andil dalam perkembangan dan kemajuan di sektor peternakan dan pertanian, karna generasi ini lebih dekat serta mampu memanfaatkan kemajuan dan perkembangan teknologi yang tersedia.(*) 

Sijunjung, 20 Maret 2023
×
Kaba Nan Baru Update