Notification

×

Iklan

Iklan

Sambut Ramadhan, Nagari Talang Tangah Adakan Tradisi Balimau

23 Maret 2023 | 05.33 WIB Last Updated 2023-03-23T14:48:43Z


Tanah Datar, pasbana - Tradisi Balimau bagi masyarakat Nagari Talang Tangah Kecamatan Sungai Tarab kabupaten Tanah Datar sudah ada sejak dari nenek moyang mereka. Tradisi ini dari niniak turun ka mamak dan dari mamak turun ka kamanakan, begitulah seterusnya hingga sampai saat ini. 

Tujuan utama balimau bagi masyarakat Nagari Talang Tangah adalah untuk mencari kata sepakat oleh seluruh niniak mamak dalam menentukan datangnya bulan Ramadhan atau menentukan kapan mulai berpuasa. 

Hal ini disampaikan oleh Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Talang Tangah Joharlis Dt. Pangka Jindo dalam sebuah majelis balimau di Medan Nan Satangkai, Rabu (22/3/2023) yang dihadiri langsung oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra, Pimpinan dan anggota DPRD Tanah Datar Anton Yondra dan Nurhamdi Zahari Dt. Nan Bapayuang Ameh, Plt. Camat Sungai Tarab Sri Handayani, Wali Nagari Talang Tangah, seluruh niniak mamak, bundo kanduang, alim ulama, tokoh masyarakat, pemuda dan segenap warga nagari. 




"Di Medan Nan Satangkai ini dari dulunya kami para niniak mamak berkumpul dan berdiskusi untuk memutuskan berbagai persoalan, termasuk dalam menentukan datangnya bulan Ramadhan," terang J. Dt. Pangka Jindo. 

Wali Nagari Talang Tangah Andry Andres mengatakan intinya acara balimau ini adalah duduk bersama para niniak mamak dan masyarakat untuk memutuskan datangnya bulan Ramadhan. Inilah tradisi yang membuat Jadi Makin Tahu Indonesia. 




"Tadi sudah disepakati secara bersama-sama bahwa besok seluruh masyarakat akan memulai berpuasa. Atas nama Pemerintah Nagari Saya ucapkan selamat menjalankan ibadah puasa dan terima kasih khususnya kepada pemuda yang telah ikut berpartisipasi dalam menyukseskan acara ini," sampainya. 

Sementara, Bupati Tanah Datar Eka Putra menyampaikan bahwa tradisi balimau di nagari Talang Tangah selaras dengan program unggulan Pemerintah yakni Satu Nagari Satu Event. 

"Kegiatan ini perlu kita angkat di dalam program Satu Nagari Satu Event, supaya masyarakat luas tahu apa itu tradisi balimau di nagari ini. Mari terus kita jaga dan lestarikan kegiatan ini, semoga dengan kegiatan ini tali silaturahmi diantara kita terus terjaga," ujar Bupati Eka. 




Di kesempatan itu, Bupati juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh panitia dan pemuda yang telah berpartisipasi di dalam menyukseskan kegiatan ini

"Sekaitan dengan datangnya bulan Ramadhan, Saya atas nama Pemerintah Daerah, pribadi dan juga keluarga menyampaikan minal aidzin wal faidzin mohon maaf lahir di batin. Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan tahun ini, mari kita isi Ramadhan tahun ini dengan memperbanyak ibadah kepada Allah SWT," pungkasnya. (Rel/bd) 
×
Kaba Nan Baru Update