Notification

×

Iklan

Iklan

Fotografi Ekspresi: Sebuah Ungkapan Jiwa

01 April 2023 | 22.21 WIB Last Updated 2023-04-01T15:21:42Z


Padang Panjang, pasbana -Komunitas Seni Kuflet Padang Panjang mengadakan diskusi rutin dengan materi 'Fotografi Ekspresi' Sabtu, (1/4/ 2023) di Sekretariat Komunitas Seni Kuflet Kampung Jambak, sebagai narasumber adalah Ichsan Saputra . Bertindak sebagai moderator Opiyanda Riska. 

Akbar, selalu Ketua Umum Komunitas Seni Kuflet sangat antusias dengan terlaksananya diskusi fotografi ini. 

Ichsan Saputra sebagai narasumber dalam paparannya menyampaikan Fotografi Ekspresi sebuah ungkapan jiwa. 




" Karya foto ini dimaknakan sebagai suatu medium ekspresi yang menampilkan jati diri si Pemotretnya," ungkap Mahasiswa Penciptaan Fotografi Pascasarjana ISI Padangpanjang.

Ichsan Saputra menambahkan bahwa seorang seniman fotografi dalam berkarya berusaha menggambarkan ungkapan jiwa kedalam karya-karyanya  apalagi dalam fotografi ekspresi personal yang menggunakan medium ekspresi seperti kayu, daun, besi (karat), cairan, kaca (cermin).  

" Dapat dilihat contoh karya foto saya berangkat dari korek api kayu memiliki kekayaan makna," paparnya.




Sulaiman Juned mengatakan, "Fotografi Ekspresi tentu dirancang dengan konsep tertentu, fotonya dihadirkan melalui  ekspresi kreatornya. Fotografi Ekspresi lebih menitik beratkan pada nilai estetika dan intelektual dalam karyanya," tutur sastrawan dan sutradara teater itu.

Ichsan lebih lanjutkan mengatakan "Fotografi ekspresi  selain indah juga  mengandung arti untuk mengekspresikan ide, pesan atau emosi. Elemen dasar dalam membuat karya tersebut  yakni mata, otak dan kamera yang saling berkaitan, " ungkapnya mengakhiri perbincangan sore sambil ngabuburit di sekre Kuflet. (*/ Fazha)
×
Kaba Nan Baru Update