Notification

×

Iklan

Iklan

Tim Terpadu Provinsi Sumbar Lakukan Uji Petik Makanan di Padang Panjang

04 April 2023 | 06.01 WIB Last Updated 2023-04-04T02:49:31Z


Padang Panjang, pasbana  - Tim Terpadu Provinsi Sumatera Barat yang terdiri atas Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Dinas Kesehatan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pangan dan Polda Sumbar lakukan pemeriksaan uji petik makanan, Senin (3/4/2023) di Kota Padang Panjang.
Didampingi tim dari Dinas Kesehatan Kota Padang Panjang, tim terpadu ini ingin memastikan keamanan kandungan pangan yang diperjualbelikan ke masyarakat.
Tim menyasar bahan pabukoan (takjil) siap saji yang diperjualbelikan di Pasar Kuliner (Paskul) dan Pasar Pusat Padang Panjang.
Ahli Madya Balai Besar POM di Padang, Drs. Antoni Asdicmenyampaikan pengawasan ini rutin dilaksanakan baik saat Ramadan maupun memasuki Idulfitri.
"Kita memeriksa keamanan makanan yang dijual distributor Padang Panjang. Selain memeriksa izin edar, kami juga memeriksa layak atau tidaknya makanan tersebut untuk dikonsumsi,"imbuhnya.
Selain itu pihaknya juga memeriksa mutu produk takjil yang dijual masyarakat. Mereka mengambil 16 sampel yang akan di-screening dengan pengujian rapid test.
"Ada 16 sampel yang kami ambil dari pedagang yang ada di Paskul dan Pasar Pusat Padang. Dari 16 ini, 13 makanannya aman dan tiga lagi akan diuji ulang di BPOM Padang," katanya.
Dia berharap semua produk yang ada di Padang Panjang bebas dari bahan-bahan berbahaya seperti borak, formalin, rodamin dan lain sebagainya.
"Nanti jika hasil uji makanan itu  mengandung bahan berbahaya, akan kami minta pihak terkait di daerah untuk menindaklanjuti ke penjual," tuturnya.
Sementara itu, Kadis Kesehatan Padang Panjang, dr. Faizah berharap makanan yang ada di Padang Panjang aman dari bahan berbahaya.
"Kepada masyarakat diimbau agar cerdas dalam memilih makanan. Karena makanan yang mengandung bahan berbahaya dari penampakan bisa dilihat. Kalau pangan aman, masyarakat akan lebih sehat," ujarnya. (rel/cg)
×
Kaba Nan Baru Update