Notification

×

Iklan

Iklan

Masyarakat Diimbau Waspada Musibah Kebakaran Saat Cuaca Panas Ekstrem

28 Mei 2023 | 20.06 WIB Last Updated 2023-05-29T03:09:54Z


Padang, pasbana - Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Padang, memberikan imbauan kepada masyarakat agar tetap waspada terhadap musibah kebakaran yang akan terjadi pada musim cuaca panas ekstrem saat ini.

Diketahui, menurut keterangan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan cuaca panas ekstrem ini akan berlangsung hingga beberapa bulan kemudian.
Sejak cuaca panas ekstrem melanda Kota Padang, suhu udara di ibukota Provinsi Sumatera Barat itu bahkan mencapai hingga 34 derajat celcius.

"Jadi intinya, cuaca panas saat ini sangat rentan terhadap bahaya akan terjadi musibah kebakaran, kita meminta kepada warga hal-hal yang perlu dihindari itu yakni jangan membakar sampah sembarangan di terik matahari, apalagi tanpa pengawasan. Kemudian jika membuka lahan jangan lakukan pembakaran," ungkap Kepala Bidang Operasi (Kabid Ops) dan Sarana Prasarana (Sarpras) Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Padang, Sutan Hendra, saat dihubungi Sabtu (27/5/2023).

Lebih lanjut kata dia, periksa dan perbaiki instalasi listrik di rumah dan jangan biarkan lampu menyala terus menerus dalam waktu lama.

Selain itu, ia meminta masyarakat untuk tidak meninggalkan sumber panas, seperti kompor, lampu minyak, setrika dan sebagainya menyala tanpa pengawasan.

“Hindari penumpukan steker atau colokan listrik pada satu stop kontak,” ujarnya.

Ia menambahkan, dari data sepanjang bulan Mei 2023 ini saja sudah ada 13 kejadian kebakaran. Dengan rincian 7 kebakaran rumah, warung dan toko, kemudian 6 cuma korsleting listrik.

"Jika terjadi kebakaran dan penyelamatan lainnya segera hubungi kami di Hotline (0751) 28558 atau 0811 6606 113," pungkasnya. (rel/bd)
×
Kaba Nan Baru Update