Notification

×

Iklan

Iklan

Pertemuan Bulanan, Warga RT 02 Guguk Malintang Dapat Sosialisasi Pencegahan PTM dari Ketua PKK Kelurahan

21 Mei 2023 | 23.33 WIB Last Updated 2023-05-21T23:38:07Z

Padang Panjang, pasbana -- Pertemuan bulanan Warga RT 02 Kelurahan Guguk Malintang, Kecamatan Padang Panjang Timur Kota Padang Panjang, Ahad, 21/05/23 ikut dihadiri oleh Ketua PKK Kelurahan Guguk Malintang, dr. Rahmi Afrisetiawati.

Kegiatan yang dilaksanakan di Lantai 2 Masjid Hidayah Guguk Malintang ini diisi dengan Sosialisasi Pencegahan Penyakit Tidak Menular oleh Ketua PKK Gumala, yang juga merupakan dokter umum yang bertugas di Puskesmas Batipuh, Tanah Datar.

Dalam penyampaiannya, dr Rani Afrisetiawati, atau sering disapa dr. Rani mengajak warga untuk hidup sehat dengan CERDIK guna mencegah penyakit tidak menular.



CERDIK yang dimaksud adalah cara atau metode pencegahan untuk penyakit tidak menular,  yaitu:

C = Cek kesehatan secara rutin, seperti Tensi, Gula Darah (sebaiknya dalam keadaan puasa), Kolesterol, lemak, dan lainnya.
E = Enyahkan asap rokok, zat racun dalam rakok dalam merusak saluran pernapasan.
R=Rajin bergerak/olah raga.
D=Diet sehat dan seimbang,  konsumsi sayur dan buah lebih banyak dari lemak, sepertiga sayur dan buah, sepertiga karbohidrat, dan sepertiga yang lainnya, serta perbanyak protein, dan kurangi konsumsi gula berlebih.
I=Istihat yang cukup, jangan banyak bergadang, apalagi di usia yang sudah di atas tiga puluhan ke atas, dan yang terakhir adalah, 
K=Kelola Stress, jangan banyak memikirkan hal yang membuat kita stres.




dr. Rani yang turut didampingi oleh kader PKK bidang P4 Kelurahan,  mengapresiasi kegiatan bulanan warga RT 02 Guguk Malintang ini. dr. Rani berhap mudahan kita semua terhindar dari penyakit yang tidak menular tersebut.

Selain Sosialisasi Pencegahan Penyakit Tidak Menular,  dr. Rani Afrisetiawati juga memberikan pengetahuan tentang Penyakit Kanker Payudara, dan kanker rahim kepada warga yang hadir.

Pertemuan bulanan Warga RT 02 Guguk Malintang, atau Gulama ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap bulan dan sudah berjalan sejak lama hingga saat ini masih terjaga dengan baik.

Selain menjaga silaturahmi sesama warga, kegiatan ini juga merupakan sarana penyampaian informasi, serta  penyampaian tausiyah setiap kali pertemuan. Namun kali ini di isi dengan sosialisasi pencegahan penyakit tidak menular oleh dr. Rani Afrisetiawati.




Hal itu disampaikan oleh ketua RT 02 Kelurahan Guguak Malintang M.Dt.Sinaro Bareno, pada saat pertemuan tersebut.  "Tahun sekarang adalah tahun Politik, apakah kita sudah terdaftar atau belum sebagai pemilih, silahkan dilihat nama kita di KPU. Kemudian saat ini kita masih berdukacita, karena orang tua kita, Warga Kita pada beberapa hari yang lalu, telah kembali kepada sang penciptanya." Jelasnya.

"Pada hari ini, kita dihadiri oleh Ketua PKK Kelurahan Guguk Malintang, dr. Rani, untuk menyampaiakn sosialisasi pencegahan penyakit tidak menular pada pertemuan kita kali ini" tambahnya.

Acara yang berlangsung selama dua jam lebih ini dipandu oleh Zainal Abidin ini ditutup dengan diskusi dan makan bersama. (Zainal) 
×
Kaba Nan Baru Update