Notification

×

Iklan

Iklan

Seekor Buaya Terlihat di Sungai Dekat Pemukiman Warga Lubuk Begalung

12 Mei 2023 | 15.17 WIB Last Updated 2023-05-12T13:39:54Z


Padang, pasbana - Kamis siang, 11 Mei 2023, Balai KSDA Sumatera Barat mendapat laporan masyarakat bahwa ada buaya yang terlihat berenang di Kelurahan Parak Laweh Pulau Aie Nan XX dan Kelurahan Banuaran, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang.

Kepala Balai KSDA Sumatera Barat, Ardi Andono memerintahkan satgas WRU untuk turun ke lokasi saat itu juga. Tim yang dimotori Komandan Polhut, Zulmi Gusrul menuju lokasi untuk mengecek informasi tersebut. 

Tim melakukan koordinasi di Kelurahan Banuaran, kota Padang tentang kemunculan buaya dimaksud  dan meminta masyarakat untuk mendampingi menuju lokasi.

Berdasarkan keterangan beberapa saksi masyarakat di sekitar lokasi, memang ada kemunculan buaya di sungai sekitar pemukiman mereka dalam beberapa hari terakhir tapi masih berada di dalam sungai, tidak sampai berjemur atau naik ke daratan di pinggiran sungai

Saat di lokasi, Tim tidak menemukan buaya dimaksud. Tim memberikan pemahaman kepada masyarakat sekitar, bahwa buaya termasuk jenis satwa liar dilindungi, dimana sungai merupakan habitat alami buaya dan menjelaskan bagaimana perilaku satwa buaya.

Tim menghimbau masyarakat untuk sementara waktu menghindari aktifitas di sungai serta tidak bertindak anarkhis untuk mengusir ataupun membunuh buaya, kepada anak-anak yang berada di sekitar lokasi untuk tidak bermain-main dipinggir sungai, mandi-mandi, dan mencari ikan di sungai untuk menghindari resiko timbulnya konflik dengan satwa buaya

Semoga konflik ini segera bisa teratasi dan tidak menimbulkan korban jiwa baik manusia maupun satwa.(rel) 
×
Kaba Nan Baru Update