Notification

×

Iklan

Iklan

Tanpa Ribet Beternak Ayam KUB (Kampung Unggul Balitbangtan)

08 Mei 2023 | 09.08 WIB Last Updated 2023-05-08T02:38:33Z
(Sumber: Dokumentasi Fadhil,2023)



Oleh Fadhil Muhammad Akbar


PASBANA - Ternak ayam KUB penting untuk peternak ketahui apabila tertarik membudidayakan unggas satu ini. Perlu Anda ketahui, ayam KUB sudah pasti jenis ayam kampung, tetapi ayam kampung belum tentu masuk dalam ayam KUB. Usaha ternak ayam ini menjanjikan keuntungan yang lumayan.

Saat ini sudah banyak jenis ayam yang masyarakat Indonesia budidayakan dan salah satunya yaitu ayam KUB. Meskipun begitu masih banyak peternak masih belum memahami tentang ayam KUB itu sendiri.

REZFAHAZ FARM adalah tempat peternakan ayam Kampung Unggul Balitbangtan baik pedaging dan petelur yang dikelola oleh bapak Joni Afrizal. Sejak tahun 2019 mulai beternak Ayam KUB karena beliau yakin akan menghasilkan pendapat yang lebih untuk membiayai kebutuhan sehari hari keluarganya, berlokasi di Kelurahan Nan Balimo Kecamatan.Lubuk Sikarah Kota Solok. Dengan usaha kecil kecilan saya mampu ketahap yang lebih besar ucap bapak Joni Afrizal (52).

Sistem kandang dalam ternak ayam KUB pada dasarnya sama dengan ternak ayam kampung biasa. Di mana petenak bisa memakai 2 tipe antara lain kandang battery serta kandang umbar.

Pada kandang model umbar, pemeliharaan ayam peternak lakukan dengan cara mengurung ayam dalam jumlah banyak di satu area kandang. Luas kandangnya sendiri tergantung berdasarkan populasi ayam yang peternak pelihara. Sementara pada kandang battery, pemeliharaan ayam berlangsung dalam kandang soliter atau satu kandang hanya berisi satu ekor ayam.

“Ayam KUB ini memiliki keuntungan dari produsi daging dan telur serta kotoran nya yang dapat dijadikan pupuk kendang” ujar pak Joni pemilik REZFAHAZ FARM, ternak tersebut menjadi kerja sampingan beliau. 

Walaupun kerjaan sampingan namun pendapatan dari ternak ayam kampung tersebut sangat membantu dalam menghidupi keluarganya. 

Alasan Bapak Joni memilih ayam kampung untuk dibudidaya adalah “karena ayam kampung sangat cocok dilingkungan mana saja,ayam kampung dapat beradaptasi dengan cepat dengan suhu yang ada di area Sumatera Barat ini” ujar Bapak Joni. 

Biaya pakan  yang tidak begitu mahal dari ternak lainnya. Pakan dari ayam KUB untuk petelur yaitu konsentrat atau pelet dengan kandungan bahan pakan tinggi protein.

Ayam Kampung Unggul Balitbangtan (Ayam KUB) merupakan ayam kampung hasil seleksi genetik Ayam KUB memiliki karakteristik dan keunggulan yaitu: warna bulu yang beragam seperti ayam kampung pada umumnya; umur 70 hari beratnya mencapai 1 kg; umur pertama bertelur 20-22 minggu dengan bobot badan antara 1,2-1,6 kg; produksi telur 16-180 butir/ekor/tahun; produksi telur 50 persen; puncak produksi telur mencapai 65-70 persen; dan lebih tahan terhadap penyakit.

" Keunggulan lainnya adalah sifat mengeram berkurang daripada ayam kampung pada umumnya. masa mengeram berkurang hingga tinggal 10% sehingga ayam cepat bertelur kembali. Selain itu, ayam ini dapat tumbuh lebih cepat daripada ayam kampung biasa. Rasa daging ayam KUB gurih, sebagaimana ayam kampung pada umumnya, ” ungkap Tika Sartika senior di Balai Penetilan Ternak (Badan Litbang Pertanian), Kementerian Pertanian.(*) 

×
Kaba Nan Baru Update