Notification

×

Iklan

Iklan

Kuflet Diskusikan Lukisan Dekorasi Naif

25 Juni 2023 | 08.08 WIB Last Updated 2023-06-25T04:17:43Z
Padang Panjang, pasbana - Komunitas Seni Kuflet mengadakan diskusi rutin, Sabtu (24/06/23) sore yang digelar di Sekretariat Kuflet. Kali ini membahas tentang  "Lukisan Dekoratif Naif" dengan narasumber Rezi Ilfi, M.Sn yang dimoderatori Opiyanda Riska. 

Rezi mengatakan, lukisan adalah ungkapan perasaan manusia yang diungkapkan di atas bidang dua dimensi. Ciri khasnya melekat pada pengungkapan masa anak atau kanak-kanak, yakni bentuk gagasan yang menyerupai anak anak, bebas dan energia, dominasinya pengalaman sehari hari dan imajinasi,
deformasi, komposisi warna warna yang meriah, dan penggunaan warna yang tidak terikat bentuk atau alam nyata. 

Rezi menambahkan, "Dekoratif naif banyak pengurangan bentuk didalamnya. Dekoratif juga sifatnya lebih ke menghias. Lebih ditekankan pada perasaan yang senang dan bahagia tapi juga bisa perasaan sedih," ucapnya. 

Yova yang juga bendahara komunitas mengatakan bahwa senang bergabung di Kuflet karena di Komunitas ini dapat memberi dan menerima segala ilmu bidang seni, tidak hanya bidang Teater dan sastra saja. 
 
Siti Nuratikah mengatakan "Dapat mengetahui tentang lukisan dekoratif naif sangat bermanfaat sekali yang awalnya hanya tahu beberapa jenis atau ciri lukisan, ternyata ada bentuk lukisan dekoratif naif yang sifatnya unik dan abstrak". tutur anggota muda Kuflet ini.

Sementara menurut Helni, "Materi yang dibahas kali ini menambah wawasan tentang seni lukis khususnya dengan gaya dekoratif yang biasanya hanya dikaitkan dengan seni tradisi seperti motif hiasan. Namun kali ini lebih banyak eksplorasi, misalnya dipadukan dengan aliran naif, sehingga dapat memperkaya bentuk karya seni dua dimensi" Ungkapnya.

Dr. Sulaiman Juned selalu mengatakan diskusi ringan dan rutin setiap Sabtu sore di Kuflet menjadi tempat berbagi ilmu. Setiap minggu rutin melakukan diskusi dengan narasumber diantara anggota. 

"Hal ini tentu agar semua anggota memiliki keterampilan Membaca, Menyimak, berbicara dan menulis selain mampu menjadi  sutradara, aktor dan penata artistik, " Papar Sastrawan dan Sutradara yang juga pendiri dan Penasihat Kuflet. (*/Maharani )
×
Kaba Nan Baru Update