Notification

×

Iklan

Iklan

Verifikasi Lapangan, Tim Penilai KLA Kementerian PPPA Tinjau Sejumlah Lokasi di Padang Panjang

15 Juni 2023 | 19.37 WIB Last Updated 2023-06-15T12:39:41Z

PADANG PANJANG, PASBANA – Usai disambut Sekretaris Daerah Kota (Sekdako), Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota, Tim Penilai Verifikasi Lapangan Kota Layak Anak (KLA) Tahun 2023 Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) melakukan kunjungan lapangan ke lokasi prioritas KLA, Kamis (15/6).

Kunjungan Tim penilai didampingi Asisten Bidang Administrasi Umum Setdako, Martoni, S.Sos, M.Si dan Kepala Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSPPKBPPPA), Drs. Osman Bin Nur, M.Si beserta jajaran lainnya.

Kunjungan lapangan diawali dengan mengunjungi Desa Wisata Kubu Gadang sebagai Pusat Kreativitas Anak di Kota Padang Panjang. Tim disambut Pengelola Desa Wisata Kubu Gadang, Yuliza Zein dan tim melakukan wawancara. Pada saat yang sama di Kubu Gadang juga sedang dilaksanakan Pelantikan Khatam Iqra dari PAUD Kasiah Bundo.

Selanjutnya mengunjungi Puskesmas Ramah Anak di Puskesmas Gunung dan Puskesmas Bukit Surungan. Dua puskesmas ini banyak melahirkan inovasi-inovasi dan pelayanan yang baik untuk anak dan semua pasiennya.

Sementara itu sebagai Sekolah Ramah Anak, Verifikasi Lapangan Kunjungan (VLK) KLA  mengunjungi SMAN 1 Sumatera Barat disambut Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Muji Sirwanto, M.Pd, jajaran guru dan siswa yang tinggal di asrama sekolah tersebut. Tim penilai meninjau kelayakan asrama yang ditempati siswa-siswa baik yang berasal dari dalam maupun luar Kota Padang Panjang. 

Dilanjutkan dengan Rumah Ibadah Ramah Anak yaitu Masjid Jami’ Nurul Huda, sebagai masjid yang juga menjadi inovasi Kota Padang Panjang pada Innovative Government Award pada 2022. Masjid ini juga menyediakan tempat bermain anak agar para pengunjung yang melakukan salat dan membawa anak-anak bisa bersantai.

Kemudian mengunjungi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) disambut Kepala Dinas, Dra. Maini. Lalu ke Rumah Healing sebagai tempat konsultasi dan karantina jika ada yang terlantar. Taman Kampung Teleng sebagai Ruang Bermain Ramah Anak dan Perpustakaan Daerah Kota sebagai Pusat Informasi Ramah Anak.

Tim juga melakukan kunjungan ke PPA Polres Padang Panjang dan disambut Kapolres, AKBP. Donny Bramanto, SIK dan mengunjungi Sekretariat Forum Anak yang berada di Kantor DSPPKBPPPA.

Usai melakukan kunjungan lapangan, tim beserta seluruh jajaran melakukan tindak lanjut dari kunjungan lapangan yang sudah dilakukan, di Aula Bappeda. Dihadiri kepala OPD, perwakilan Kantor Kemenag, Bundo Kanduang, ketua KAN Gunung dan undangan lainnya.

“Kunjungan kami hari ini sangat luar biasa  Kami lihat di sini baru ada masjid yang menyediakan tempat bermain anak dan juga tempat beristirahat bagi yang melakukan perjalanan jauh. Hasil dari kunjungan kami pada hari ini semoga bisa membawa Kota Padang Panjang mendapatkan predikat KLA Kategori Utama pada 2023 ini,” ujar Sekretaris Deputi Bidang Pemenuhan Hak Anak Kemen PPPA, Dra. Maydian Werdiastuti, M.Si. (rel/t) 
×
Kaba Nan Baru Update