Notification

×

Iklan

Iklan

KONI Padang Panjang Persiapkan Musorkot untuk Kepengurusan periode 2023-2027

13 September 2023 | 20:32 WIB Last Updated 2023-09-13T13:32:14Z


Padang Panjang, pasbana -- Sekretariat Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Padang Panjang gelar rapat persiapan Musyawarah Olahraga Kota (Musorkot), Rabu (13/9).
Menyusul bakal berakhirnya masa bakti kepengurusan periode 2019-2023 pada 11 Oktober mendatang.

Sekretaris Umum KONI Padang Panjang, Panji Rangga Warman mengatakan, agenda utama dari Musorkot nantinya, adalah memilih ketua umum periode 2023-2027.

“Selain itu memilih tim formatur yang akan membantu ketua terpilih untuk menyusun kepengurusan periode 2023-2027. Nantinya pengurus lama juga akan menyampaikan laporan kinerja selama periode 2019-2023,” katanya.

Disebutkan pria yang akrab dipanggil Jagad itu, rencananya Musorkot ini akan dibuka secara resmi oleh penjabata (Pj) wali kota Padang Panjang  di Auditorium Mifan Waterpark, Silaing Bawah, Kecamatan Padang Panjang Barat (PPB).

"Insyaa Allah Musorkot juga akan dihadiri oleh jajaran Forkopimda, KONI  OPD terkait serta jetua dan sekretaris Cabang Olahraga (cabor) anggota KONI Padang Panjang," sebutnya.


Ia menjelaskan, Musorkot ini akan diawali dengan tahapan penjaringan bakal calon atau pendaftaran. Dilanjutkan dengan penyerahan berkas administrasi ke KONI Padang Panjang 

“Kemudian tahap penyaringan dan verifikasi berkas bakal calon ketua umum di Kantor KONI. Hasil verifikasi akan disampaikan panitia pada Forum Musorkot sekaligus ditetapkan dalam bentuk keputusan,” jelasnya.

Menurut Jagad, bakal calon diusulkan ketua umum pengcab cabor yang memiliki masa kepengurusan aktif/berlaku dan memperoleh dukungan tertulis minimal 1/3 anggota KONI. Dengan ketentuan  setiap pengcab hanya boleh mendukung satu bakal calon dan surat dukungan ditandatangani ketua umum.

“Pernah atau sedang menjadi pengurus KONI atau cabang olahraga di Kota Padang Panjang. Serta kriteria-kriteria lain yang sudah kita kirimkan ke pengcab cabor,” terangnya.

Jagad  menambahkan, saat ini cabor anggota KONI Padang Panjang 50, ditambah satu cabor dari SIWO PWI. Tetapi yang kepengurusannya masih aktif dan memiliki hak suara sebanyak 46 cabor. Empat cabor lain yang nonaktif yakni marcihng band, bola voli, gulat dan berkuda yang sudah habis masa baktinya dan belum membentuk kepengurusan baru.

“Dalam Musorkot nanti, masing-masing cabor dihadiri ketua dan sekretaris. Nantinya ketua yang akan menyalurkan hak suaranya dan sekretaris sebagai tim peninjau. Cabor yang tidak aktif masa baktinya hanya sebagai peninjau saja,” tegasnya.

Ia mengharapkan Musorkot  mendatang dapat berjalan lancar dan sukses. “Harapannya bisa terpilih ketua umum periode 2023-2027 sesuai dengan aspirasi pengcabor anggota KONI Padang Panjang,” pungkasnya. (rilis)
×
Kaba Nan Baru Update