Notification

×

Iklan

Iklan

Festival Batik Sumatera Barat: Batik Arang Sawahlunto dalam Pesona Warisan Dunia

08 Oktober 2023 | 07.14 WIB Last Updated 2023-10-09T04:16:36Z


Sawahlunto, pasbana – Pada tanggal 7 Oktober 2023, Kota Sawahlunto menggelar acara Festival Batik Sumatera Barat dengan tema "Batik Arang Sawahlunto dalam Pesona Warisan Dunia". Festival ini dilaksanakan di Lapangan Segitiga, Sawahlunto, selama dua hari, yaitu tanggal 7-8 Oktober 2023.

Hari pertama festival ini dilaksanakan pada pukul 09.00 WIB, dimulai dari pembukaan acara Soft Launching, dilanjutkan dengan parade milenial batik yang diikuti oleh siswa/i dari tingkat SD, SMP, dan SMA. Parade ini adalah salah satu cara untuk menampilkan kain-kain batik yang dikenakan oleh siswa/i tersebut. Selain itu, juga ada penampilan dari band Asyakara, band Sawahlunto, dan penampilan dari group Musik Keroncong.

Pada malam puncak festival, dilangsungkan parade Batik Arang oleh OPD (Organisasi Perangkat Daerah). Parade tersebut juga diikuti oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Sawahlunto, Dr. Zefnihan, A.P., M.si. bersama ibu Pj Wali Kota Sawahlunto.

“Kami berharap kita, Kota Sawahlunto dan Provinsi Sumatera Barat, dapat menjadikan momentum Festival Batik ini untuk memasyarakatkan batik. Memasyarakatkan batik berarti menguatkan UMKM. Menguatkan UMKM berarti menguatkan para pengrajin kita, berapa karyawan yang terlibat, berapa pemodal yang terlibat di tingkat lokal dalam memproduksi batik ini, sehingga tentu kesejahteraan sampai ke masyarakat,” ujar Pj. Wali Kota Sawahlunto, Zefnihan.

Di hari kedua festival, senam bersama dilaksanakan di tempat yang sama, Lapangan Segitiga, Sawahlunto, dilanjutkan dengan kegiatan membatik bersama siswa/i Kota Sawahlunto dengan tema 100% Indonesia. Kegiatan membatik ini dilakukan untuk mengenalkan proses pembuatan batik kepada anak-anak. Dengan pengenalan batik ini, diharapkan anak-anak memiliki kebanggaan tersendiri terhadap kecintaan batik. Tidak hanya bangga memiliki, melainkan juga bangga memakai, menggunakan, dan memahami proses membatik itu sendiri.

Festival Batik ini diakhiri dengan adanya hiburan musik live yang dibawakan oleh band Sawahlunto. (rel)
×
Kaba Nan Baru Update