Notification

×

Iklan

Iklan

BBI Golden Arm Mulai Beroperasi

08 Desember 2023 | 20.37 WIB Last Updated 2023-12-10T00:40:34Z



Solok Selatan, pasbana- Pemerintah Kabupaten Solok Selatan melalui Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) telah memulai operasional pemeliharaan ternak sapi pada Balai Benih Induk (BBI) di Golden Arm.

Ini adalah bagian dari upaya peningkatan perekonomian masyarakat dengan Program Unggulan Satu Keluarga Satu Sapi (Suka Sapi).

Kepala DPKPP, drh. Nurhayati mengatakan  dimulainya operasional ternak sapi di BBI Golden Arm adalah upaya pemerintah untuk mewujudkan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Solok Selatan. 

Disampaikan Nurhayati, perencanan untuk menjadikan BBI Golden Arm sebagai operasional sapi telah dimulai sejak tahun 2022 lalu, dengan pembangunan sarana perbibitan ternak sapi.

"Pada tahun 2023 ini juga dilanjutkan dengan membangun rumah penjaga, gudang pakan dan kandang ternak sapi untuk kapasitas 30 ekor," kata Nurhayati di Padang Aro, Jumat (8/11/2023).

Lahan BBI Pertanian di Golden Arm kurang lebih seluas 6 Ha, saat ini sudah ditanami hijauan pakan ternak berupa rumput unggul jenis odet dan pakchong. 

Berdasarkan penelitian, kedua jenis rumput ini memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, sehingga diyakini dapat meningkatkan performa ternak sapi.

Lebih lanjut Nurhayati mengatakan awal Bulan Desember 2023 sudah didatangkan ternak sapi betina sebagai calon bibit ternak dari BPTU HPT Padang Mengatas sebanyak 11 ekor dengan ras/ rumpun Simmental dan Limousin. 

"Sehingga diharapkan kedepannya indukan ternak ini dapat berkembang dengan baik dan menjadi unit pembibitan ternak sapi penghasil ternak sapi unggul/berkualitas," pungkasnya. (rel/bd) 
×
Kaba Nan Baru Update