Notification

×

Iklan

Iklan

Desain Karakter Ilustrasi Manusia Konsepnya Harus Detail

16 Desember 2023 | 21.47 WIB Last Updated 2023-12-16T23:54:55Z



Padang Panjang, pasbana -Komunitas Seni Kuflet Padang Panjang melaksanakan diskusi bertajuk 'Desain Karakter' Sabtu, 16/12/2023 di Sekretariat Komunitas Seni Kuflet, bertindak sebagai narasumber kali ini adalah Helni Yuliana, dengan moderator Sarah Samosir.
 
Pemantik Diskusi merupakan Ilustrator Muda di Kuflet,  Helni Yuliana, S.Sn mengatakan, Desain Karakter adalah salah satu bentuk ilustrasi yang hadir dengan konsep “manusia” dengan segala atributnya (sifat, fisik, profesi, tempat tinggal bahkan takdir) dalam bentuk yang beraneka rupa, bisa hewan, tumbuhan ataupun benda-benda mati, dan kemampuannya dalam merepresentasikan dalam bentuk digital lainnya. 



 
Helni menambahkan, dalam buku kreatif Desain Bryan Tillman, membangun karakter haruslah berpikir terlebih dahulu gagasan yang ingin dibuat dalam karakter tersebut. Dapat disimpulkan,  ide karakter tersebut  membangun rancangan  karakter tidak  asal-asal.

Misalnya yang pertama  memperhatikan dari segi nama yang diberikan,  umurnya berapa, tingginya berapa, berat badannya, jenis kelaminnya, warna mata, warna rambut, dan detail-detail lainnya. 




" Karakter ini dapat dibangun juga dari tingkah lakunya, kebiasaannya, hobinya, gaya berjalannya atau hal-hal menarik dari karakternya itu," papar Sarjana Seni Alumnus ISI Padang Panjang itu.
 
Mursidiq peserta diskusi mengatakan, Proses tersebut memerlukan kreativitas tinggi, pemahaman mendalam terhadap karakter yang dibuat, dan kemampuan untuk mengekspresikan emosi melalui desain visual. 

Selain itu, kolaborasi dengan tim pengembangan dan pemahaman tentang target audiens juga dianggap penting dalam menciptakan karakter yang berhasil. (*/Hafizh)
×
Kaba Nan Baru Update