Notification

×

Iklan

Iklan

Kuda Kepang Tri Tunggal Meriahkan HUT Pasbar ke-20

04 Januari 2024 | 23.27 WIB Last Updated 2024-01-05T08:36:38Z


Pasaman Barat, pasbana  --Wakil Bupati Pasaman Barat (Pasbar) Risnawanto memberikan apresiasi kepada kesenian dan kebudayaan di Kabupaten Pasaman Barat yang beragam namun bersatu. Kamis (4/1) malam, penampilan Kuda Kepang Tri Tunggal dari Jorong Mulyorejo, Nagari Desa Baru Ranah Batahan di tonton ribuan masyarakat Pasbar di Halaman Kantor Bupati setempat.

Selain Wakil Bupati Risnawanto yang hadir menyaksikan langsung di depan pentas Kepala Dinas Kominfo Imter Pedri, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Muharram, Camat Pasaman Andre Afandi dan stakeholder terkait lainnya.

Wabup Risnawanto mengatakan, Kabupaten Pasaman Barat terdiri dari tiga etnis dan mencerminkan jati dirinya melalui kesenian dan kebudayaan. Seperti Tari Kuda Kepang dari etnis Jawa, Gordang sambilan dari etnis Mandailing dan Ronggiang dari etnis Minangkabau.

"Kabupaten Pasaman Barat merupakan Indonesia mini yang memiliki ragam budaya, ada Ronggiang, Gordang Sembilan yang sudah ditampilkan pada malam sebelumnya. Malam hari ini penampilkan kesenian kuda kepang sehingga lengkap sudah penampilan kesenian untuk masyarakat Kabupaten Pasaman Barat. Dan di momen HUT Kabupaten Pasaman Barat inilah bisa ditampilkan di Halaman Kantor Bupati dan dinikmati oleh masyarakat yang menonton. Ketiganya mencerminkan jati diri melalui kesenian dan tetap mencintai satu sama lain," katanya.

Lanjut ia mengatakan bahwa itu adalah bentuk apresiasi pemerintah daerah terhadap kesenian yang ada di Pasbar, untuk menjaga kebudayaan agar tetap utuh dan menjadi satu kesatuan yang tidak terpisahkan menjadi Bumi Mekar Tuah Basamo Kabupaten Pasaman Barat. 

"Saya berharap kita selalu menjaga itu semua sehingga Kabupaten Pasaman Barat di usia 20 tahun ini semakin maju dan berkembang dan tetap menjaga kekompakan," ujar Risnawanto.

Di akhir acara Wabup Risnawanto juga turut menghibur masyarakat dengan mempersembahkan 2 lagu Jawa yang disambut meriah oleh penonton dan sukses menghibur masyarakat yang hadir pada malam itu.(rel/bd)
×
Kaba Nan Baru Update