Notification

×

Iklan

Iklan

Kisah Nyata Robinson Crusoe: Brandon Grimshaw dan Pulau Moyenne

19 Maret 2024 | 21.59 WIB Last Updated 2024-03-19T15:05:40Z


Pasbana - Siapa yang tidak kenal kisah Robinson Crusoe, seorang pria yang terdampar di pulau tak berpenghuni dan membangun kehidupannya di sana? 

Di era modern, kisah serupa terjadi pada Brandon Grimshaw, seorang pria Inggris yang membeli pulau kecil tak berpenghuni di Kepulauan Seychelles dengan harga 13.000 dolar.



Meninggalkan Kehidupan Lama
Berbeda dengan Robinson Crusoe yang terdampar secara tak sengaja, Grimshaw secara sukarela meninggalkan kehidupan lamanya sebagai editor surat kabar saat usianya masih di bawah 40 tahun. 

Terinspirasi oleh kisah Crusoe, dia memutuskan untuk memulai hidup baru di pulau yang kemudian dikenal sebagai Pulau Moyenne.



Menjelma Menjadi Robinson Crusoe

Seperti Robinson Crusoe, Grimshaw menjalani kehidupan mandiri di pulau tersebut. Dia membangun rumah, menanam pohon, dan membuat jalan setapak. Dia bahkan menjalin pertemanan dengan penduduk asli bernama René Lafortin yang sesekali membantunya.

Menciptakan Surga di Bumi
Selama 39 tahun, Grimshaw dan Lafortin bekerja sama untuk mengubah pulau yang dulunya sepi menjadi surga ekologis.



Mereka menanam 16.000 pohon, membawa 2.000 spesies burung baru, dan menyelamatkan kura-kura raksasa yang terancam punah.

Menolak Tawaran Menggiurkan
Dedikasi Grimshaw untuk Pulau Moyenne tak tertandingi. Ketika seorang pangeran Arab Saudi menawarkan 50 juta dolar untuk membeli pulau tersebut, Grimshaw menolaknya. Dia ingin pulau itu menjadi taman nasional yang dapat dinikmati semua orang.



Pencapaian Luar Biasa
Pada tahun 2008, Pulau Moyenne resmi menjadi taman nasional. Kisah Grimshaw adalah bukti bahwa kegigihan dan dedikasi dapat menghasilkan sesuatu yang luar biasa. 




Dia telah menginspirasi banyak orang untuk menghargai alam dan melakukan perubahan positif di dunia.
Hats off, Mr. Grimshaw! Anda adalah pahlawan lingkungan sejati.(zl) 

×
Kaba Nan Baru Update