Notification

×

Iklan

Iklan

Jalan Kelok Hantu di Aie Angek Amblas, Pengendara Diminta Cari Jalur Alternatif

20 April 2024 | 12.01 WIB Last Updated 2024-04-20T14:06:02Z


Padang Panjang, pasbana - Jalan Lintas Sumatra yang menghubungkan Kota Padang Panjang dan Bukittinggi amblas pada Sabtu (20/4) pagi, setelah direndam banjir lahar sejak kemarin sore. Peristiwa ini menyebabkan akses jalan yang dikenal dengan Kelok Antu Aia Angek harus ditutup dan diberlakukan sistem buka tutup.
Kasatlantas Polres Padang Panjang, Iptu Afrizal Sahar, menjelaskan bahwa amblasnya jalan tersebut terjadi di Kelok Antu Nagari Aie Angek, Kecamatan X Koto. 
Untuk mengurai kemacetan dan memastikan keselamatan pengguna jalan, pihaknya memberlakukan sistem buka tutup di lokasi kejadian.
"Kami menghimbau kepada masyarakat yang akan menuju Bukittinggi dari Padang Panjang atau sebaliknya untuk mencari jalur alternatif," ujar Afrizal.

Ia menyarankan beberapa jalur alternatif yang bisa dilalui, yaitu:
  • Via Malalak: Jalur ini dianggap paling memungkinkan untuk dilalui karena kondisinya lebih baik.
  • Lubuk Mata Kucing-Koto Laweh-Pandai Sikek: Jalur ini lebih kecil dan berliku, serta penuh tanjakan dan turunan, sehingga pengendara diimbau untuk ekstra hati-hati.

Afrizal menambahkan, petugas kepolisian akan terus berjaga di lokasi amblas untuk mengatur lalu lintas dan membantu pengendara yang kesulitan.
Banjir lahar yang terjadi di Kelok Antu Aia Angek sebelumnya telah menyebabkan retak-retak pada badan jalan. Kondisi ini diperparah dengan hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut dalam beberapa hari terakhir.

Pihak terkait saat ini sedang berupaya memperbaiki kerusakan jalan tersebut. Namun, belum diketahui berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan perbaikan.

Bagi pengendara yang hendak bepergian ke Bukittinggi atau Padang Panjang, diimbau untuk selalu memantau informasi terbaru terkait kondisi jalan dan mencari jalur alternatif jika diperlukan.(rel/bd) 
×
Kaba Nan Baru Update