Notification

×

Iklan

Iklan

Kamtibmas Masih Kondusif Ditengah Lonjakan Wisatawan di Limapuluh Kota

12 April 2024 | 18.22 WIB Last Updated 2024-04-12T11:23:01Z
Kadis Parpora kabupaten Limapuluh Kota, Syukri Anda.



Limapuluh Kota, pasbana - Kapolres Limapuluh Kota AKBP Ricardo Condrat Yusuf, S.H., S.I.K., M.H., bersama jajaran terus ciptakan situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah hukum polres setempat serta bangun Hospitality Kepariwisataan di kabupaten Limapuluh Kota.

"Terkait dengan pungli dan arus serta lonjakan wisatawan, pihaknya telah melakukan antisipasi terjadinya pungli dengan melakukan koordinasi dengan dinas pemuda dan pariwisata, wali nagari, kepala jorong dan ketua pemuda setempat,"ujar kapolres kepada wartawan, Jumat (12/4) di objek wisata lembah Harau.

Harapan kita, dengan adanya kegiatan Hospitality Kepariwisataan ini, bisa mencegah terjadinya pungli di wilayah hukum polres Limapuluh Kota khususnya di objek wisata.

Untuk lonjakan wisatawan mulai kemarin H+2 sudah terjadi peningkatan pengunjung objek wisata, untuk h+3 ini. Kita tetap monitor perkembangan wisatawan sampai nanti mungkin menjelang jam 14.00 Wib.

"Kita bisa tau nanti puncak dari perkembangan pengunjung objek wisata tersebut, intinya mulai dari h+2 sampai dengan sekarang ada peningkatan pengunjung objek wisata lembah Harau dan Kapalo Banda," papar kapolres.

Kemudian kita juga melakukan patroli rutin untuk mencegah terjadinya pungli dan hal-hal yang tidak kita inginkan, kita juga melakukan penegakan hukum manakala di temui adanya pungli di wilayah hukum polres Limapuluh Kota.

"Untuk itu, kami tetap mengimbau kepada masyarakat yang mungkin menjadi korban premanisme/pungli bisa menghubungi kantor polisi terdekat atau pos-pos PAM dan pelayanan Ops Ketupat, serta layanan kepolisian 110 atau WhatsApp 082210262002,"terang kapolres.





Saat ditemui Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) kabupaten Limapuluh Kota, Syukri Anda, SH. MH, menyebutkan Disparpora mengapresiasi dan terima kasih banyak atas dukungan dan arahan bapak kapolres, bahkan dari awal kami masuk Disparpora, pola koordinasi ini yang kami prioritaskan, karena dukungan stake holder yang kuat merupakan komitmen kami kedepan dalam menjalankan tugas kepariwisataan.  

Terkait susana lebaran, apa yang disampaikan kapolres untuk DTWU (daerah tujuan wisata utama) harau dan kapalo banda, kita sudah menindak lanjuti dengan pembicaraan dan rapat dalam rangka mendukung dan menyambut ramainya kunjungan suasana Idul fitri 1445 H ini, dimana kita sepakat menjaga ketertiban dan kelancaran terbangunnya Hospitality Kepariwistaan di Limapuluh Kota.  

Kemudian, kita bersama stake holder sebagai ujung tombak di objek wisata tentu perlu support dari pemerintahan nagari dan sistem yang ada seperti jorong, pemuda dan tokoh lainnya kita ajak bersama menciptakan suasana kondusif.

"Dikesempatan ini, kami berharap menjadi promo marketing gratis bagi dunia pariwisata Limapuluh Kota dan tidak luput melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, seperti Satpol PP, Dishub dan OPD lainnya,” pungkas Syukri Anda. (BD)
×
Kaba Nan Baru Update