Notification

×

Iklan

Iklan

Kuflet Membahas Teknik Menulis Esai yang Menarik dan Efektif

27 April 2024 | 19.44 WIB Last Updated 2024-04-27T12:47:27Z
 


Padang Panjang, pasbana - Dalam diskusi rutin yang diadakan di sekretariat Komunitas Seni Kuflet pada tanggal 27 April 2024, Sutradara Teater di Kuflet S Hasanah Nst. membahas tentang teknik menulis esai yang menarik dan efektif. 
Diskusi ini dimoderatori oleh Siti Nutatikah dan dihadiri oleh para anggota komunitas seni Kuflet.

Hasanah memulai diskusinya dengan menjelaskan bahwa esai adalah karya tulis jurnalistik yang berisi pendapat, argumen, dan pemikiran penulis secara subjektif. Esai biasanya ditulis dengan gaya bahasa yang singkat, padat, dan renyah, serta menggunakan bahasa satrawi yang menarik.

"Esai berbeda dengan karya tulis lainnya karena esai biasanya lebih pendek dan to the point," ungkap Hasanah, yang juga merupakan mantan Ketua Umum Komunitas Seni Kuflet. 




"Esai juga sering digunakan untuk keperluan pengusulan beasiswa, di mana penulis harus menjelaskan identitas diri, kelebihan dan kekurangannya, serta bagaimana cara mengatasi kekurangan tersebut."

Hasanah kemudian menjelaskan langkah-langkah dalam menulis esai yang menarik dan efektif. Pertama, penulis harus menemukan fenomena atau topik yang ingin dibahas. Kedua, penulis harus menyusun kerangka atau draf awal esai. 

Ketiga, penulis harus menulis poin-poin penting dalam tubuh esai dan mengembangkannya dari kerangka yang telah dibuat.

Terakhir, penulis harus melakukan penyuntingan dan revisi untuk memastikan bahwa esai tersebut sudah sesuai dengan yang diharapkan.




Pendiri dan Penasihat Kuflet, Dr. Sulaiman Juned, M.Sn, menambahkan bahwa menulis esai membutuhkan daya pikir yang kritis dan kemampuan menggunakan bahasa yang baik dan menarik.

 "Esai adalah karya yang sangat subjektif, sehingga penulis harus berani mengungkapkan pendapat dan pemikirannya secara jujur dan objektif," tutur Sulaiman Juned, yang juga merupakan sastrawan dan sutradara teater.

Diskusi ini diakhiri dengan sesi tanya jawab, di mana para peserta diskusi antusias mengajukan pertanyaan kepada Hasanah dan Sulaiman Juned. Diskusi ini diharapkan dapat membantu para anggota komunitas seni Kuflet untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam menulis esai yang menarik dan efektif.(*/aidil) 
×
Kaba Nan Baru Update