Notification

×

Iklan

Iklan

Anda Pelaku UMKM ? Yuk... Kunjungi RKB Padang Panjang !

19 September 2017 | 23.11 WIB Last Updated 2017-09-19T16:11:00Z


Padang Panjang - Ada yang baru dan cukup membawa angin segar bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Serambi Mekkah, Padang Panjang. Ya , di kota bernuansa sejuk itu baru hadir RKB , singkatan dari Rumah Kreatif BUMN. RKB di  Padang Panjang ini didirikan oleh PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk terus meningkatkan kapasitas dan kapabilitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Padang Panjang.

Rumah Kreatif BUMN (RKB) merupakan wadah bagi langkah kolaborasi BUMN dalam membentuk Digital Economy Ecosystem melalui pembinaan bagi UKM untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas UKM itu sendiri. Kegiatannya difokuskan dalam pembinaan dan pengembangan UMKM di Indonesia yakni rumah kreatif. RKB ini, merupakan prakarsa dari Menteri BUMN yang meminta Bank BRI untuk membangun UMKM.

Selain RKB, Bank BRI telah berkontribusi untuk mengembangkan digitalisasi UMKM, di antaranya, program satu juta domain gratis untuk UMKM dan peluncuran teras BRI Digital.

Sebagai informasi, Program 1 Juta Domain “Indonesia Go Online” merupakan pemberian nama domain Indonesia secara gratis selama satu tahun dengan sasaran UMKM yang memiliki potensi penjualan online. Sedangkan Teras BRI Digital sendiri merupakan transformasi dari Teras BRI konvensional, dengan mengedepankan pelayanan digital kepada nasabah serta memperkuat komunitas pasar tradisional maupun marketplace yang dilengkapi dengan aplikasi e-UMKM dan e-Pasar. 

Suasana Pelatihan Digital Marketing Di RKB Padang Panjang 


Selasa siang ( 19/8 )  kru Pasbana.com mencoba bertandang ke Rumah Kreatif BUMN yang didirikan BRI di Jalan Ahmad Dahlan Kelurahan Guguak Malintang Kota Padang Panjang, suasana di RKB cukup ramai karena ada pelatihan tentang Facebook Marketing dan Google Bisnis yang diikuti oleh beberapa pelaku UMKM di Padang Panjang. Pematerinya juga tak diragukan lagi jam terbangnya di bidang kewirausahaan, dialah Dedi Yuneldi. Seorang SocialPreuner yang sangat intens menggeluti dunia digital marketing .

Didukung ruangan yang cukup nyaman dan fasilitas Wifi yang cukup kuat, suasana pelatihan berjalan asyik dan interaktif. Dan makanan dan minuman ringan pun disajikan dengan gratis.

" Dengan bantuan marketing melalui FB marketing dan Google Bisnis, kita telah mendekatkan wisatawan yang berkunjung ke Padang Panjang dengan outlet-outlet UKM yang ada di Padang Panjang , " ungkap Dedi .

Karena saat ini , sebagian besar orang mencari informasi melalui fasilitas aplikasi Google, maka ketika wisatawan mengunjungi Padang Panjang dan mencari informasi melalui Google, seluruh data detail berikut alamat dan kontak langsung dari sebuah UKM akan segera memberitahukannya. Sangat efisien sebagai sarana promosi.

"RKB ini tujuannya bagaimana membangkitkan usaha UMKM di Padang Panjang, agar supaya tidak hanya menjadi tuan rumah di negeri sendiri, tetapi juga bsia merambah ke pasar internasional," jelas Dedi Yuneldi, seorang Socialpreuner yang juga ikut aktif memberikan pelatihan digital marketing di RKB Padang Panjang.

Menurut dia, pihaknya dengan RKB mengajak para pengusaha UMKM untuk menjual produknya tidak hanya di pasaran lokal, tetapi juga ke mancanegara melalui media internet dan sosial media.

Banyak keuntungan mengunjungi RKB ini , menurut Dedi Yuneldi yang juga seorang wirausaha,  pelatihan UMKM di RKB tersebut selain mendapatkan pembinaan dan pelatihan, juga dapat memasarkan produknya secara online melalui situs blanja.com. Dengan pemanfaatan situs itu, sebagai etalasi online, penjual tidak lagi dibatasi oleh ruang dan waktu.

"Jual produk melalui situs blanja.com memiliki jangkauan pemasaran produk lebih luas dan manajemen usaha efektif, sehingga dapat meningkatkan daya saing bukan hanya di lokal tetapi juga di mancanegara," imbuh pemilik gerai pakaian " Syauqiyah " ini.

Apa yang dijelaskan oleh Dedi Yuneldi adalah kebutuhan mendesak bagi para pelaku UMKM jika tidak ingin tergilas oleh kemajuan teknologi saat ini. " RKB  memiki peran untuk menumbuihkan "digital mentality" pada para pelaku UMKM agar bisa eksis dan berkembang, " tegasnya.

" Untuk para pelaku UKM di Kota Padang Panjang, mari bergabung bersama pelaku UKM Se Kota Padang Panjang di RKB ini, selain untuk menjalin silaturahim, disini kita juga mendapat pelatihan dan pendidikan kewirausahaan secara gratis, "pungkas Dedi Yuneldi.


Jadi, tunggu apa lagi ? Yuk...kita ke RKB Kota Padang Panjang !

[Budi]


×
Kaba Nan Baru Update