Notification

×

Iklan

Iklan

ARCHANDRA TAHAR, PROFESIONAL HANDAL DI BIDANG ESDM

28 Juli 2016 | 16.34 WIB Last Updated 2016-07-28T09:34:18Z

Satu lagi, putra terbaik Minangkabau mengisi deretan menteri di Kabinet Presiden Joko Widodo . Dia adalah ARCHANDRA TAHAR, Alumni 1989 SMA 2 Padang yang diangkat jadi Menteri ESDM pada reshuffle kabinet yang telah diumumkan Presiden di Istana Negara.

Lalu, siapa Archandra Tahar yang juga alumni 1986 SMP Negeri Tabing ini.

Nama Dr Arcandra Tahar di kalangan publik mungkin belum banyak dikenal namun di dunia internasional sudah cukup disegani. Arcandra pernah menjabat sebagai Presiden di Petroneering Houston di Texas. Perusahaan ini bergerak dibidang energi dan minyak. Setidaknya sudah 2 tahun 10 bulan menjabat sebagai Presiden sejak Oktober 2013. Sebelum menjabat sebagai Presiden di Petroneering, Arcandra memiliki posisi sebagai Principal Horton Wison Deepwater Inc sejak Oktober 2009 hingga Oktober 2013. Juga pernah bekerja di AGR Deepwater Development System Inc, di  Hydrodynamics Lead Floa TEC LLC dan berbagai perusahaan internasional lainnya.

Menyelesaikan S1 di Teknik Mesin ITB dan kemudian bekerja di Andersen Consulting  demi memiliki uang agar dapat melanjutkan kuliah S2 nya di Amerika. Arcandra melihat ada peluang beasiswa di PT. Timah. Kebetulan waktu itu PT Timah membuka beasiswa S2 dan pria ini sangat yakin bisa lolos seleksi.

Kuliah S2 di Texas A&M University Amerika diselesaikan dengan baik hingga kembali ke Indonesia malah berniat membenahi PT Timah yang waktu itu kondisinya sekarat. Dengan mempertimbangkan banyak hal, akhirnya dirinya malah melanjutkan S3 di Amerika juga dengan beasiswa. Sejak saat itulah Arcandra melanglang buana di Amerika dan bekerja di berbagai perusahaan internasional.

Meski tinggal di Amerika, kepeduliannya atas tanah kelahirannya sangat tinggi. Dia lah yang berada dibalik negosiasi dan keberhasilan Presiden Joko Widodo menarik kembali beberapa eksplorasi untuk dikuasai Indonesia. Artinya eksplorasi harus dilakukan onshore bukan offshore. Pria dengan 2 anak ini memiliki karya fenomenal berupa hak paten tentang desain Offshore di Amerika. Berbagai kalangan bakal terkejut dengan pergantian ini namun yang jelas, salah satu kandidat pengganti menteri ini memiliki prestasi internasional bukan level nasional.

Presiden sendiri menurut orang terdekatnya memberi sanjungan atas masukan Arcandra soal blok Masela. Bahkan pria berpenampilan sederhana ini menjadi teman berbincang presiden terkait sumber daya alam di Indonesia bila sedang berada di Tanah Air.

Dengan resuffle jilid III ini, nampaknya makin menguatkan kinerja kabinet kerja untuk 3 tahun ke depan. Meski berdasar release pooling Saeful Mujani Research Consulting (SMRC) masyarakat menaruh kepercayaan penuh dan terus meningkat, presiden sendiri memiliki kemauan untuk terus makin baik kinerja aparatnya. Bila demikian, masyarakat akan makin diuntungkan dengan langkah-langkah yang diambil oleh Presiden.

Semoga salah satu putra terbaik Minangkabau ini mampu memberikan kontribusi yang terbaik bagi bangsa dan negara. (***)

×
Kaba Nan Baru Update