Notification

×

Iklan

Iklan

BUPATI GELAR RAPAT KOORDINASI KETAHANAN PANGAN

13 Juli 2016 | 15.08 WIB Last Updated 2016-07-13T08:08:33Z



Tanah Datar - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar gelar rapat koordinasi ketahanan pangan Selasa, (12/07) di ruang rapat Setda dipimpin langsung Bupati Irdinansyah Tarmizi. Dihadiri juga Sekda Drs. H. Hardiman, para Asisten, Plt. Kadistanbunhut Khairudin, SH, Kadis Dinas PU Ir Thamrin, Kakan Ketahanan Pangan Ir. Yulfiardi, Camat Tanjung Emas Drs. Elvi Sandri, M.Si , Camat Lintau Buo Irwan Rahman, S.Sos, Camat Lintau Buo Utara Drs. Suripto, serta Kepala UPT kecamatan terkait.

Rapat koordinasi yang digelar membahas masalah kekeringan yang melanda Kecamatan Tanjung Emas (Saruaso-Tanjung Barulak) dan hama wereng hijau (Tungro) di daerah Lintau Buo dan Lintau Buo Utara.

Menanggapi hal tersebut Bupati Irdinansyah mengungkapkan "kekeringan yang melanda tanaman padi di Saruaso dan Tanjung Barulak, diakibatkan oleh perbaikan aliran air serta musim kemarau dari bulan Mei lalu," ulasnya.

Untuk menangani persoalan ini melalui Dinas PU, bupati instruksikan Dinas PU untuk secepatnya mengatasi persoalan ini, karena kebutuhan air untuk mengairi ratusan hektar sawah sangat mendesak. "solusi untuk permasalahan ini diharapkan adanya pembagian aliran air di Tanjung Emas dalam waktu dekat serta adanya revitalisasi perbaikan untuk jangka panjang," pesan Bupati kepada instansi terkait.

Pada kesempatan yang sama juga membahas mengenai Tungro yang terjadi di Lintau Buo dan Lintau Buo Utara. Tungro ini disebabkan oleh virus yang disebarkan oleh wereng hijau yang dapat merusakan hasil pertanian. Camat Lintau Buo melaporkan "Tungro telah terjadi sejak bulan Maret yang lalu dan merusak sekitar 600 hektar lahan pertanian warga yang berakibat pada gagal panen.

Untuk menangani permasalahan ini Bupati Irdinansyah instruksikan agar adanya upaya lebih lanjut untuk menangani permasalah Tungro. "sebagai langkah awal, segera lakukan penyemprotan pestisida bagi tanaman yang berumur 1 bulan ke bawah untuk pencegahan terkena hama wereng hijau," tegasnya.

Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan juga menyatakan kesiapannya untuk mendukung gerakan penyemprotan pestisida untuk tanaman padi di Lintau Buo dan Lintau Buo Utara dalam waktu dekat ini. (EH/SS)
×
Kaba Nan Baru Update